Share

Bagas/Fikri Masuk Skuad Piala Thomas 2022, Herry IP: Mereka Pantas Main di Level Lebih Tinggi

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 21 April 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 40 2582836 bagas-fikri-masuk-skuad-piala-thomas-2022-herry-ip-mereka-pantas-main-di-level-lebih-tinggi-stGjxKj95Y.jpg Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. (Foto: Instagram/@shohibulfikri)

JAKARTA – Pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi, membeberkan alasan nama Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri masuk daftar skuad Indonesia di Piala Thomas 2022. Dia menilai Bagas/Fikri pantas main di level yang lebih tinggi.

Bakri –julukan Bagas/Fikri- menjadi pasangan terbaru yang masuk skuad Indonesia di Piala Thomas 2022. Mereka menggantikan duet muda lainnya, yakni Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, yang sudah mencicipi ajang tersebut pada edisi tahun lalu.

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Herry IP membeberkan dua alasan mengapa pasangan ranking 20 dunia itu dipanggil untuk mentas di turnamen bulu tangkis beregu paling bergengsi di dunia itu. Pertama, Tim Merah-Putih harus dibagi menjadi dua lantaran jadwal Piala Thomas 2022 bersamaan dengan gelaran SEA Games 2021.

Diketahui, ajang Piala Thomas dan Uber 2022 berlangsung pada 8-15 Mei di Thailand. Sementara itu, SEA Games 2021 akan dihelat pada 12-23 Mei 2022 di Vietnam.

Alasan kedua, Bagas/Fikri dipilih masuk skuad Piala Thomas 2022 berkat gelar juara All England 2022 yang belum lama ini diraih. Menurut Herry IP, hal itu membuat mereka lebih pantas untuk dibawa ke Piala Thomas 2022, yang merupakan turnamen yang lebih elite dibanding SEA Games 2021.

BACA JUGA: Absen dari Piala Thomas 2022, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin Fokus ke SEA Games 2021

“Kejuaraan Thomas kan berbarengan SEA Games, jadi pertama tim dibagi dua. Kedua berdasarkan performa, Bagas/Fikri dengan juara All England, itu membuat mereka lebih pantas bermain di level lebih tinggi,” kata Herry IP saat dihubungi MNC Portal Indonesia (MPI), Kamis (21/4/2022).

BACA JUGA: Pasangan Kevin Sanjaya di Piala Thomas 2022 Masih Rahasia, Herry IP: Tergantung Lawan

“Kalau misalnya mereka main di SEA Games, mereka turun level. Bagas/Fikri lebih pantas tampil di Thomas dan mereka memang pantas,” sambungnya.

Bagas/Fikri sendiri merupakan pasangan paling junior yang dibawa Indonesia ke Thailand. Mereka melengkapi dua pasangan senior, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto serta Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang ditinggal Marcus Fernaldi Gideon, yang masih dalam tahap pemulihan cedera.

Kendati demikian, Herry IP menilai peluang Bagas/Fikri untuk dimainkan di Piala Thomas 2022 sangat besar. Sebab, ada banyak pertandingan tersedia jika Indonesia bisa berhasil melangkah ke partai final.

“Memungkinkan sekali untuk dimainkan, total kan ada 12 pertandingan untuk ganda putra (sampai final), jadi ya memungkinkan sekali untuk main,” jelasnya.

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Di sisi lain, Bagas/Fikri juga memiliki peluang yang besar untuk turun di Piala Thomas 2022 lantaran The Daddies –julukan Ahsan/Hendra- sudah tak terlalu diandalkan. Pasalnya, usia mereka sudah uzur. Indonesia pun mementingkan regenerasi pemain.

Buktinya, pada edisi tahun lalu, Ahsan/Hendra hanya tampil dalam satu pertandingan saja dari fase grup hingga partai final. Jika dilihat dari lawan di Grup A Piala Thomas 2022, Bagas/Fikri pun diprediksi akan dimainkan kontra Thailand dan Singapura.

Dua tim itu dinilai memiliki kualitas pemain di bawah Tim Merah-Putih. Namun, tak menutup kemungkinan, Bagas/Fikri bakal tampil kontra Korea Selatan, yang merupakan lawan terberat Indonesia di fase grup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini