Share

5 Fakta Race MotoGP AS 2022, Nomor 1 Ada Kaitannya dengan Marc Marquez

Hakiki Tertiari , Jurnalis · Senin 11 April 2022 06:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 38 2576654 5-fakta-race-motogp-as-2022-nomor-1-ada-kaitannya-dengan-marc-marquez-ZuZ16XCOhi.jpg 5 Fakta Race MotoGP Amerika Serikat 2022 (Foto: MotoGP)

SEBANYAK 5 fakta race MotoGP Amerika Serikat 2022 menarik untuk diulas. Sebagaimana diketahui, balapan di Circuit of The Americas (COTA) sudah selesai pada Senin (11/4/2022) dini hari WIB.

Balapan MotoGP Amerika Serikat 2022 sendiri berhasil dimenangkan oleh Enea Bastianini, pembalap dari Gresini Racing. Kemudian, di urutan kedua ditempati oleh pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins. Sementara di posisi ketiga ada Jack Miller dari Ducati Lenovo.

Berakhirnya rangkain MotoGP di COTA juga membuat ragam catatan baru. Torehan baru tersebut menjadi fakta menarik yang layak untuk dibahas.

Lantas, seperti apa fakta balapan MotoGP AS 2022? Berikut 5 fakta race MotoGP Amerika Serikat 2022:

5. Tidak Ada Honda di Podium

Repsol Honda

Kembalinya Marc Marquez dari absen di seri ketiga, ternyata belum memberikan sentuhan berbeda bagi Repsol Honda. Itu bisa dilihat dari torehan tim Repsol Honda di COTA.

Ya, tidak ada sama sekali tim Honda yang berhasil raih podium di MotoGP AS 2022. Pol Espargaro harus puas di urutan ke-13. Sedangkan Marquez di posisi keenam. Padahal secara sejarah, Honda merupakan langganan juara jika balapan di seluruh Sirkuit Amerika.

4. Gresini Racing Cetak Rekor Baru

Gresini Racing

Sepanjang sejarah MotoGP di COTA, hanya ada dua tim pabrikan yang berhasil jadi juara. Tim tersebut adalah Suzuki dan Honda.

Namun, di balapan musim ini, Gresini Racing berhasil mematahkan dominasi dua tim pabrikan tersebut. Uniknya, Gresini sendiri bukan tim pabrikan.

Melainkan tim satelit yang menggunakan mesin Ducati. Dengan keberhasilan itu, maka Gresini Racing jadi tim ketiga yang berhasil meraih juara di MotoGP COTA.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Podium Keenam Ducati

Enea Bastianini

Dua pemabalap Ducati, yaitu Jack Miller dari Ducati Lenovo dan Enea Bastianini (Gresini Racing) menambah daftar pembalap Ducati yang berhasil raih podium. Meski, Bastianini bukan dari tim pabrikan, tapi ia jelas menunggangi motor Ducati.

Keduanya menambah daftar peraih podium MotoGP AS 2022. Sebelumnya ada Andrea Iannone finis urutan ketiga pada 2016. Kemudian, Jack Miller yang pernah menduduki posisi ketiga pada 2019, dan Francesco Bagnaia menyudahi balapan di posisi ketiga pada 2021.

Jadi, hal tersebut turut menambah juga catatan baru bagi Ducati di MotoGP.

2. Kemenangan Kedua Enea Bastianini di MotoGP 2022

Enea Bastianini

Enea Bastianini tampil gemilang. Ya, tertinggal sejak awal sampai menjelang finis, Bastianini bisa konsisten sepanjang balapan.

Terus membuntuti Jack Miller, Bastianini memanfaatkan momentum di tikungan ke-12. Dari situ ia berhasil menyalip Jack Miller untuk jadi juarar MotoGP AS 2022. Ini jadi kemenangan kedua Bastinaini musim ini, di mana sebelumnya ia raih di MotoGP Qatar 2022.

1. Marc Marquez Finis Ke-6

MotoGP AS 2022

Berbicara COTA rasanya kurang pas, jika tak membicarakan Marc Marquez. Pembalap asal Spanyol itu tampil mengggila. Memulai balapan di poisis kesembilan, Marquez sempat terlempar, sampai urutan ke-18.

Ketika itu motornya sedikit bermasalah. Akan tetapi ia bangkit dan langsung mengejar ketertinggalan dari lawannya. Sampai pada akhirnya Marquez fins di urutan keenam.

Ini adalah kali kedua Marc Marquez gagal juara di COTA. Sebelumnya, ia mengalami kecelakaan pada MotoGP AS 2019 dan tidak finis di COTA.

Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di sini. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.
https://vipl.us/s53nk
Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di sini. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.
1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini