Share

MotoGP Mandalika 2022: Espargaro Bersaudara Berpotensi Cetak Rekor

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Senin 14 Maret 2022 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 14 38 2561161 motogp-mandalika-2022-espargaro-bersaudara-berpotensi-cetak-rekor-SzOWaAnhUL.jpg Pol Espargaro dan Aleix Espargaro berpotensi cetak rekor di MotoGP Mandalika 2022. (Foto: Instagram/@polespargaro)

GRANOLLERS – Penampilan sejumlah pembalap akan dinantikan di MotoGP Mandalika 2022 yang segera bergulir. Beberapa pembalap yang penampilannya wajib dinantikan di MotoGP Mandalika 2022 adalah Espargaro bersaudara karena berpotnsi memecahkan rekor.

Sebagaimana diketahui, hasil apik sukses diraih Aleix Espargaro (Aprilia) dan Pol Espargaro (Repsol Honda) pada balapan pembuka MotoGP 2022 di Qatar. Pembalap kakak beradik itu pun berpotensi memecahkan rekor pada seri kedua yang bakal berlangsung di Mandalika akhir pekan ini.

Pol Espargaro

Aleix, yang tampil di kelas utama sejak 2009, tampil memukau di Losail dengan finis di tempat keempat. Begitu pula dengan Pol, yang promosi ke MotoGP pada 2014, dia sukses mengakhiri balapan pertama di posisi ketiga setelah podium terakhir diraihnya di Misano tahun lalu.

BACA JUGA: Tiba di Jakarta Jelang Parade MotoGP Mandalika 2022 Bersama Jokowi, Zarco Langsung Berlatih

Dilansir dari Tuttomotoriweb, Senin (14/3/2022), dengan tempat ke-3 dan ke-4 tersebut, Espargaro bersaudara pun nyaris mencatatkan rekor sebagai kakak beradik yang mendapatkan podium pada balapan yang sama sejak 1997. Saat itu, Nobuatsu dan Takuma Aoki masing-masing menyabet tempat kedua dan ketiga di Grand Prix Imola.

BACA JUGA: Parade dengan Jokowi Jelang MotoGP Mandalika 2022, Para Pembalap Mulai Datang ke Jakarta Hari Ini dan Besok

Nobuatsu dan Takuma Aoki kala itu menjadi pembalap bersaudara pertama yang meraih posisi tiga besar secara bersamaan. Karena itu, berkaca dari hasil di Qatar, Espargaro bersaudara sangat berpeluang besar menyamai rekor tersebut pada balapan selanjutnya di Mandalika.

Jika itu terjadi, pembalap asal Granollers, Spanyol, itu mengulangi rekor yang sama yang telah bertahan selama hampir 25 tahun. Kesempatan mencatatkan rekor tersebut terbuka lebar karena Mandalika merupakan sirkuit debutan di MotoGP. Alhasil, para pembalap yang bersaing sama-sama belum terlalu menguasai trek sepanjang 4,31 km itu.

Selain itu, Pol sendiri sedang tampil apik-apiknya. Dia memimpin sebagaian besar waktu balapan di Qatar sebelum akhirnya melebar di salah satu tikungan saat balapan tersisa empat lap yang membuatnya kehilangan dua tempat setelah disalip, Enea Bastianini dan Brad Binder.

Aleix Espargaro

Sementara sang kakak, dia juga melaju sangat cepat di Losail pekan lalu. Bahkan, dia juga nyaris membalap sang adik di tikungan 15 pada lap terakhir untuk merebut tempat ketiga. Sayangnya, dia gagal melakukan itu sehingga harus puas finis di posisi empat.

Sebagai informasi, balapan MotoGP Mandalika 2022 sendiri dijadwalkan berlansung pada Minggu 20 Maret 2022. Ini adalah kedua kalinya para jagoan kuda besi menjajal aspal sirkuit yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu setelah sebelumnya mencicipinya pada tes pramusim Februari 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini