Share

Apa Saja Perbedaan Antara Bela Diri Wushu dan Wing Chun?

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 43 2552107 apa-saja-perbedaan-antara-bela-diri-wushu-dan-wing-chun-hLkP0NP0ln.jpg Berikut perbedaan antara bela diri wushu dan wing chun (Foto: Instagram/@edgarmarvelo)

PERBEDAAN antara bela diri wushu dan wing chun akan dibahas Okezone. Meski sama-sama berasal dari China, ada perbedaan di antara dua bela diri tersebut.

Pertama, mari bahas mengenai pengertian wushu terlebih dahulu. Wushu terdiri dari dua kata, yaitu wu berarti militer atau bela diri dan shu merupakan teknik.

Perbedaan Antara Bela Diri Wushu dan Wing Chun

(Atlet Wushu, foto: Istimewa)

Sementara itu, wing chun atau wing tsun ialah bentuk seni bela diri China yang telah dianut secara luas oleh penggemar seni bela diri di seluruh dunia. Pendiri wing chun adalah seorang wanita bernama Ng Mui.

Sebenarnya, wushu dan wing chun merupakan dua aliran kungfu di China. Sekadar informasi, terdapat pembagian wilayah untuk bela diri di China, yaitu gaya utara dan selatan yang memiliki ciri khas masing-masing.

Daratan yang dibelah oleh Sungai Yangtze itu menandakan perbedaan gaya bela diri. Satu disebut kungfu aliran utara, sedangkan satunya aliran selatan.

- Wushu Aliran Kungfu di Utara

Wushu aliran kungfu di Utara mengandalkan tendangan-tendangan saat bertarung. Hal ini dilatarbelakangi karena penggunanya memiliki postur tinggi besar dengan kaki-kai yang kuat. Secara geografis, penggunanya berada di daerah tandus, keras, dan gersang yang membuat mereka lebih giat dalam berlatih.

Teknik-teknik tendangan banyak ditemui pada aliran-aliran bela diri dari utara seperti wushu dan thifan po khan. tak hanya gerakan dasar yang terlihat menyerang, mereka juga terus belajar teknik akrobatik.

Mengapa harus belajar teknik akrobatik? Sebab, mereka akan menyerang serta menunggang kuda. Oleh sebab itu, dibutuhkan kelenturan.

Perbedaan Antara Bela Diri Wushu dan Wing Chun

(Ip Man dan Bruce Lee latihan wing chun, foto: Istimewa)

- Wing Chun Aliran Kungfu di Selatan

Berbeda dengan kondisi di bagian utara, mereka yang tinggal di selatan lebih mengandalkan jurus pukulan tangan. Sebab, di selatan tanahnya licin, basah dan berlumpur. Oleh sebab itu, mereka berlatih pukulan pada patung kayu atau benda keras lainnya.

Tendangan pada kungfu selatan sebagian besar diarahkan ke bagian bawah tubuh lawan seperti kaki, lutut, paha atau pinggang. Tidak heran bila para pendekar di selatan lebih banyak melakukan pukulan dibandingkan tendangan. Contoh aliran beladiri dari selatan, antara lain wing chun dan hung gar.

Dahulu, para pendekar bela diri di Cina bagian selatan berperang melawan Dinasti Ching. Alhasil, bela diri mereka pun dibuat sepraktis mungkin supaya mudah dan cepat dikuasai.

Perbedaan antara bela diri wushu dan wing chun ternyata pada bagian jurus-jurus dan gerakan. Sebab, gerakan tersebut dipengaruhi oleh kondisi geografis China dan juga pandangan politik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini