Profil dan Biodata Ribka Sugiarto, Pebulu Tangkis Cantik Andalan Indonesia di Nomor Ganda Putri

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 15 Oktober 2021 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 40 2486708 profil-dan-biodata-ribka-sugiarto-pebulu-tangkis-cantik-andalan-indonesia-di-nomor-ganda-putri-5cJqIUUsrI.jpg Profil Ribka Sugiarto salah satu andalan Indonesia di nomor ganda putri (Foto: Instagram/@ribkasugiarto)

RIBKA Sugiarto adalah salah satu andalan regu putri Indonesia di Piala Uber 2020. Dia turun di nomor ganda putri bersama partnernya Siti Fadia Silva Rahmadhanti.

Selain lihai bermain bulu tangkis, Ribka juga memiliki paras rupawan yang kerap mencuri perhatian. Mari mengenal Ribka lebih dalam melalui artikel ini.

Ribka Sugiarto (Foto: Instagram)

Ribka lahir di Karangayar, Jawa Tengah, 22 Januari 2000. Banyak orang mengira dia adalah anak dari legenda bulu tangkis Indonesia Icuk Sugiarto karena nama belakangnya sama. Akan tetapi, dia sama sekali tidak memiliki hubungan darah dengan Icuk.

Dara kelahiran 2000 ini memulai kariernya di dunia bulu tangkis dengan bergabung ke PB Djarum pada 2013 silam. Di sana, Ribka mengembangkan bakatnya hingga bisa masuk ke Pelatnas Cipayung.

BACA JUGA: Meski Indonesia Kalah dari Thailand, Greysia/Apriyani Puas dengan Penampilannya di Piala Uber 2020

Latihan Ribka pun membuahkan hasil karena dia akhirnya mampu mengukir beberapa prestasi, seperti waktu tampil di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2017 dan 2018. Uniknya, Ribka saat itu berpasangan dengan putri Icuk Sugiarto, Jauza Fadhilla Sugiarto.

Ribka pun mampu mendapatkan medali perak pada 2017, lalu menyegel perunggu setahun berselang. Pada 2018, dia juga mampu mendapatkan medali perunggu untuk nomor beregu.

Selain berpasangan dengan anak Icuk Sugiarto, Ribka juga pernah menjadi partner Febriana Dwipuji Kusuma. Mereka mampu tampil apik di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2018.

Siti Fadia/Ribka Sugiarto (Foto: Badminton Photo)

Setahun berselang, Ribka pun dipasangkan dengan Siti Fadia Ramadhanti. Kejutan pernah dibuat Siti Fadia/Ribka di Indonesia Masters 2019. Sebab, mereka mampu mengalahkan ganda putri peringkat 15 dunia asal China, Wen Mei/Zheng Yu.

Pada tahun ini, Siti Fadia/Ribka terpilih untuk membela Indonesia di Piala Sudirman 2021 dan Piala Uber 2020. Sayangnya, Siti Fadia/Ribka belum mampu membawa Indonesia juara di kedua turnamen itu.

Teranyar, Siti Fadia/Ribka menyumbangkan poin saat Indonesia kalah 2-3 dari Thailand di perempatfinal Piala Uber 2020. Siti Fadia/Ribka mengalahkan Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai dalam rubber gim dengan skor 21-19, 15-21, dan 21-15

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini