Share

Indonesia vs Malaysia di Piala Sudirman 2021, Ada Aroma Balas Dendam pada Sektor Ganda Putra

Hasyim Ashari, Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 40 2479800 indonesia-vs-malaysia-di-piala-sudirman-2021-ada-aroma-balas-dendam-pada-sektor-ganda-putra-m7x4mmoCce.jpg Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya beraksi di Piala Sudirman 2021. (Foto/Badminton Photo)

VANTAA – Tim bulu tangkis Indonesia akan menghadapi Malaysia pada perempatfinal Piala Sudirman 2021. Pada laga tersebut tercium aroma balas dendam di sektor ganda putra, karena pada pertemuan terakhir, hasil tidak mengenakan diterima atlet Tanah Air.

Pertandingan yang mempertemukan dua negara tetangga tersebut akan berlangsung pada Jumat 1 Oktober 2021 di Energia Areena, Vantaa, Finlandia pukul 20.00 WIB. Jika ditelisik lebih dalam lagi, pertemuan antara dua negara ini akan sangat menarik, terlebih bagi ganda putra.

Ini menjadi peluang besar bagi Indonesia untuk membalaskan dendam kekalahan pahit tim ganda putra di ajang Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

Foto/Reuters

Sebagaimana diketahui pada pertandingan terakhir di Olimpiade Tokyo 2020, dua ganda putra peringkat teratas dunia yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukomuljo dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan pernah mengalami nasib buruk saat bertemu wakil Malaysia adalah Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Baca juga: Jelang Perempatfinal Piala Sudirman 2021, Kekuatan Pemain Muda Malaysia Bisa Jadi Ancaman bagi Indonesia

Pasangan ganda putra Indonesia pun diprediksi akan bertemu lagi dengan Aaron/Soh di laga ini, mengingat mereka adalah ganda terbaik Malaysia saat ini. Jika benar-benar Aaron/Soh akan menjadi lawan Indonesia di perempat final ini, maka ini akan menarik.

Baca juga: 2 Pertemuan Indonesia vs Malaysia di Piala Sudirman, Siapa Lebih Unggul?

Pasalnya pada ajang Olimpiade Tokyo 2020, Marcus/Kevin harus angkat koper di babak perempatfinal usai takluk dari Aaron/Soh. Sedangkan pebulutangkis The Daddies -julukan Ahsan/Hendra- dikalahkan pasangan peringkat delapan dunia di laga perebutan medali perunggu.

Karena itu, dalam pertemuan ini, bukan tidak mungkin, salah satu dari Marcus/Kevin atau Hendra/Ahsan akan membalaskan dendam kekalahan di Olimpiade Tokyo 2020 lalu pada ajang Piala Sudirman 2021 ini. Apalagi, ini bisa menjadi momen tepat, mengingat Indonesia sangat mengandalkan nomor ganda putra untuk merebut poin dari Malaysia.

Kendati demikian, berdasarkan head to head, Marcus/Kevin dan Hendra/Ahsan masih jauh lebih unggul dari pasangan ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Tercatat Marcus/Kevin sudah berhasil mengalahkan Aaron/Soh sebanyak tujuh kali, begitu pula dengan Ahsan/Hendra.

Meski begitu, dalam laga ini, tidak hanya Marcus/Kevin dan Hendra/Ahsan saja yang berpeluang untuk membalaskan dendam kekalahan. Tetapi juga tunggal putri andalan Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung juga dapat melakukan hal yang sama. 

Foto/Reuters

Mengingat, atlet yang akrab disapa Jorji tersebut juga pernah dikalahkan wakil tunggal putri Malaysia yaitu Kisona Selvaduray. Sejauh ini Selvaduray menjadi pemain yang sangat diandalkan Malaysia di Piala Sudirman 2021.

Andai jika Gregoria dan Selvaduray nanti bertemu, ini akan menjadi laga menarik. Sebab pada pertemuan terakhir di ajang Sea Games 2019, Gregoria menyerah dari Selvaduray dengan tiga gim 21-19, 12-21, 19-21.

Jadi, mengingat ada misi balas dendam terutama di ganda putra, tentu ini akan menjadi hal yang menarik dalam laga laga Indonesia vs Malaysia. Selain memperebutkan tiket semifinal, kedua negara akan saling adu gengsi untuk menunjukkan siapa yang terbaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini