Indonesia Huni 3 Besar di Klasemen Akhir Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Coro Mountana, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 40 2450616 indonesia-huni-3-besar-di-klasemen-akhir-bulu-tangkis-olimpiade-tokyo-2020-fDDMBlKQiH.jpg Greysia Polii/Apriyani Rahayu rebut medali emas Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

KLASEMEN akhir bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 menempatkan Indonesia di posisi tiga besar. Sementara itu, posisi pertama diisi oleh China.

Perlombaan di cabor bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 memang sudah berakhir. Perlombaan ditutup dengan penampilan Viktor Axelsen (Denmark) vs Chen Long (China) di final tunggal putra yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Senin 2 Agustus 2021 malam WIB.

Chen Long, Viktor Axelsen, dan Anthny Sinisuka Ginting

Viktor Axelsen sendiri diketahui berhasil memenangi laga tersebut hingga memastikan diri merebut medali emas. Dengan selesainya cabor bulu tangkis, maka menarik untuk melihat bagaimana posisi Indonesia di klasemen akhir.

Ternyata dengan keberhasilan Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih medali emas dan Anthony Sinisuka Ginting dengan perunggunya, Indonesia berhasil masuk tiga besar di klasemen. Praktis Indonesia hanya kalah dari China dan Taiwan.

BACA JUGA: Greysia/Apriyani Disanjung Netizen China Usai Sabet Emas Olimpiade Tokyo 2020

China tercatat mendapatkan dua medali emas dan empat perak dalam klasemen akhir bulu tangkis Olimpiade 2020. Dua medali emas China sendiri dipersembahkan oleh Chen Yufei dan Wang Yilyu/Huang Dongping.

BACA JUGA: Bonus Fantastis Greysia Polii/Apriyani Rahayu Jadi Pembahasan Media Internasional

China sekaligus menjadi juara umum untuk bulu tangkis Olimpiade 2020. Sebab, Negeri Tirai Bambu -julukan China- jadi satu-satunya negara yang punya dua medali emas pada cabor bulu tangkis.

Di bawah China, ada Taiwan. Mereka secara mengejutkan berhasil menyabet 1 medali emas dan 1 perak.

Medali emas disumbang oleh Lee Yang/Wang Chi-Lin dari sektor ganda putra. Dalam perjalanannya merebut medali emas, Lee/Wang sukses kalahkan dua ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Sementara itu, satu medali perak Taiwan berasal dari Tai Tzu-ying di nomor tunggal putri. Indonesia yang berada di posisi ketiga masih unggul atas Denmark yang hanya punya satu medali emas dari Viktor Axelsen.

Di bawah Denmark, tepatnya posisi 5, ada empat negara yang menghuni tempat tersebut. Mereka adalah India, Jepang, Malaysia, dan Korea Selatan. Masing-masing dari keempat negara itu hanya bisa menyumbangkan 1 medali perunggu.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Bisa dikatakan, posisi Indonesia terbilang cukup baik soalnya bisa mengungguli sejumlah negara unggulan lainnya, seperti Denmark, Malaysia, Jepang, hingga Korea Selatan.

Indonesia praktis hanya kalah dari China yang memang sering juara umum dan Taiwan dengan tanda-tanda kebangkitannya di bulu tangkis Olimpiade.

Berikut klasemen akhir bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020:

1. China: 2 emas dan 4 perak

2. Taiwan: 1 emas dan 1 perak

3. Indonesia: 1 emas dan 1 perunggu

4. Denmark: 1 emas

5. India, Jepang, Malaysia, Korea Selatan: 1 perunggu

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini