Semua Atlet Indonesia yang Berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 Dapat Bonus Uang hingga Pendidikan

Firda Rahmawan , Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 43 2450191 semua-atlet-indonesia-yang-berlaga-di-olimpiade-tokyo-2020-dapat-bonus-uang-hingga-pendidikan-c9B7gpHmbu.jpg Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto/Reuters)

TOKYO – Semua atlet Indonesia yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 akan menerima bonus. Para pejuang olahraga tersebut mendapatkan penghargaan mulai dari uang hingga beasiswa pendidikan.

Indonesia telah mengirim sebanyak 28 atlet ke Tokyo yang terdiri dari 16 putra dan 12 putri. Mereka berlaga di delapan cabang olahraga, yakni atletik, angkat besi, bulu tangkis, dayung, menembak, panahan, renang, dan selancar.

Foto/Okezone

Wakil Merah Putih sudah mendapatkan total lima medali pada Olimpiade tahun ini yang terdiri satu emas, satu perak, dan tiga perunggu. Medali emas berhasil disabet oleh ganda putri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu dari cabor bulu tangkis.

Baca juga: Seperti Kakak-Adik, Apriyani Rahayu Kerap Cium Tangan Greysia Polii

Medali perak dipersembahkan Eko Yuli dari angkat besi. Sementara perunggu diraih oleh Windya Cantika dan Rahmat Erwin Abdullah (angkat besi) dan Anthony Ginting (bulu tangkis).

Baca juga: Usai Sabet Emas Olimpiade Tokyo 2020, Axelsen Beri Ucapan kepada Anthony Ginting dan Chen Long

Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah menyiapkan bonus bagi para peraih medali di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Rinciannya adalah sebesar Rp5 miliar (medali emas), Rp2 miliar (medali perak), dan Rp1 miliar (medali perunggu).

Selain melalui Kemenpora, beberapa hadiah lain juga telah menunggu para atlet yang mengharumkan nama bangsa Indonesia. Salah satunya dari perusahaan Startup Grab Indonesia dan beasiswa dari London School Of Public Relations (LSPR).

Grab akan memberikan hadiah sebesar Rp500 juta untuk Greysia dan Apriyani yang berhasil meraih medali emas. Tak cuma itu, pelatih mereka, Eng Hian juga diberikan hadiah Rp100 juta dan voucher Grabfood masing-masing senilai Rp42 juta.

Ridzki Kramadibrata selaku Presiden Grab Indonesia menyampaikan terima kasihnya kepada atlet yang berjuang di Olimpiade Tokyo, terutama bagi Greysia dan Apriyani. Dia mengatakan kalau kemenangan ini akan menjadi kado spesial menjelang hari kemerdekaan Indonesia.

“Hormat kami kepada semua atlet yang berjuang untuk Indonesia, mengharumkan nama bangsa di dunia. Kemenangan ini menjadi hadiah spesial untuk negara kita yang akan memperingati Hari Kemerdekaan,” ucap Ridzki mengutip Sportstars.id, Selasa, (3/8/2021).

“Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, keluarga besar Grab sangat bangga dan kami sudah tidak sabar menantikan kehadiran mereka kembali di tanah air,” tambahnya.

Foto/Reuters

Lain daripada itu, LSPR juga telah menjanjikan hadiah kepada seluruh atlet Indoensia yang bertanding di Olimpiade. Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR selaku Founder and CEO LSPR Institute, menyebutkan akan memberikan sejumlah beasiswa bagi 75 atlet yang berprestasi.

“Melalui beasiswa ini, diharapkan dapat juga menunjang karier para atlet Indonesia ke depannya nanti setelah melewati masa keemasannya. Saya juga turut bangga dan ingin ucapkan selamat kepada Greysia Polli dan Apriyani Rahayu yang meraih medali emas dalam Tokyo Olympic 2020 ini,” ujar Prita.

Sejatinya, pihak LSPR sudah berkerja sama dengan Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Pusat pada Januari 2020 lalu. Dalam perjanjian itu menyebutkan kalau nantinya seluruh atlet akan mendapatkan beasiswa Strata Satu (S1) dan Strata Dua (S2) melalui Pendidikan Jarak Jauh untuk 75 atlet berprestasi di kancah Internasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini