Rahmat Erwin Sabet Perunggu, Dubes RI untuk Jepang Yakin Ada Medali Lain untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 07:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 43 2447647 rahmat-erwin-sabet-perunggu-dubes-ri-untuk-jepang-yakin-ada-medali-lain-untuk-indonesia-di-olimpiade-tokyo-2020-oSkv8XCYGX.jpg Rahmat Erwin Abdullah meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: NOC Indonesia)

TOKYO – Pencapaian manis diraih lifter putra Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, di pentas Olimpiade Tokyo 2020. Berhasil merebut medali perunggu di cabang olahraga (cabor) angkat besi, kiprah manis Rahmat Erwin jadi perhatian Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi.

Ya, sebagaimana diketahui, Rahmat Erwin berhasil memberikan kado manis kepada Indonesia dengan perolehan medali perunggu di cabang olahraga angkat besi di Olimpiade Tokyo. Medali ini didapat pada Rabu 28 Juli 2021 malam WIB.

Rahmat Erwin Abdullah

Rahmat berhasil tampil terbaik di Grup B kelas 73 kg putra usai membukukan angkatan total 342 kg dengan rincian snatch 152 kg dan clean & jerk 190 kg. Dengan hasil itu, Rahmat berhak mendapatkan medali perunggu.

BACA JUGA: Dapat Medali Perunggu di Olimpiade Tokyo 2020, Rahmat Erwin Abdullah Selalu Ingat Pesan Ayah

“Saya sangat bersyukur. Medali ini saya persembahkan untuk keluarga saya, ayah, dan ibu. Untuk seluruh masyarakat Indonesia, Kemenpora, NOC Indonesia, PB PABSI, serta semua yang sudah mendukung saya,” kata Rahmat, usai pertandingan kepada tim NOC Indonesia.

BACA JUGA: Raih Perunggu di Olimpiade Tokyo 2020, Rahmat Erwin Abdullah: Ini untuk Keluarga Saya

Rahmat terinspirasi menjadi lifter angkat besi karena termotivasi kedua orangtuanya yang juga lifter nasional, yakni Erwin Abdullah, yang kini menjadi pelatihnya. Sang ayah pun turut mendampingi Rahmat di Tokyo.

Dubes RI untuk Jepang, Heri Akhmadi, pun menyambut gembira medali ketiga yang disumbang oleh Rahmat Erwin Abdullah.

"Salut untuk perjuangan Rahmat. Meski sempat alami cedera, tetapi dia mampu bangkit untuk menambah perolehan medali kita. Saya semakin yakin akan ada medali berikut untuk Indonesia," ujar Dubes Heri, sebagaimana keterangan pers yang diterima Okezone, Kamis (29/7/2021).

Lifter China, Shi Zhiyong, membukukan total angkatan 364 kg (snatch 166 kg dan clean & jerk 198 kg) yang sekaligus menjadi rekor baru sang atlet di Olimpiade. Dengan catatan ini, dia bisa merebut medali emas.

Sementara itu, medali perak diamankan lifter Venezuela, Mayora Pernia Julio Ruben. Dia mencatatkan total angkatan 345 kg (snatch 156 kg dan clean & jerk 190 kg).

Rahmat Erwin Abdullah

Rahmat Erwin Abdullah sempat mengalami cedera paha belakang saat melakukan pemanasan menjelang angkatan clean & jerk. Namun demikian, Rahmat ternyata mampu mempertajam rekor angkatan terbaiknya. 

Sebelumnya, Rahmat memiliki angkatan snatch terbaik 148 kg dan clean & jerk 187 kg. Dengan penambahan beban 7 kg di kedua jenis angkatan itu, total angkatan Rahmat yang tadinya 335 kg naik menjadi 342 kg.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini