Jelang Tampil di Olimpiade Tokyo 2020, KOI Luncurkan Logo dan Seragam Baru untuk Kontingen Indonesia

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 19 Juli 2021 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 43 2442927 jelang-tampil-di-olimpiade-tokyo-2020-koi-luncurkan-logo-dan-seragam-baru-kontingen-indonesia-PY1IxwMTAM.jpg Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: NOC Indonesia/KOI)

JAKARTA – Gelaran Olimpiade Tokyo 2020 memang sudah berada di depan mata. Maka dari itu, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) meluncurkan logo dan seragam baru untuk kontingen tim Indonesia dalam mengarungi pesta olahraga terakbar di dunia tersebut.

Acara peluncuran tersebut diselenggarakan virtual pada Senin (19/7/2021). Acara ini turut menghadirkan para penggawa Indonesia yang tampil di Olimpiade Tokyo 2020 yang langsung berpartisipasi dari Jepang seperti Eko Yuli Irawan dan Liliyana Natsir.

Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Ada pula perwakilan pejabat KOI, yakni Arlan Lukman selaku Eksekutif komite. Tak ketinggalan, perwakilan sponsor yang mendukung keikutsertaan Tim Indonesia dalam Olimpiade Tokyo 2020. Di antaranya, perwakilan dari Wall’s Indonesia, Li-ning, hingga Gilang Widya Pramana “juragan 99”.

Menurut Arlan Lukman, logo ini sangat merepresentasikan tim Indonesia di kancah internasional. Dengan logo ini diharapkan menjadi semangat baru bagi para atlet yang akan berlaga meski di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Dijamu Hangat Warga Kumamoto Jelang Olimpiade Tokyo 2020, Anthony Berterima Kasih

Logo baru ini mengandung dari dua unsur utama, yakni Burung Garuda dan lima cincin olimpiade (Five Rings of Olympics). Di mana, makna utama dari logo ini adalah menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika atau bersatu di dalam perbedaan.

Diharapkan, selama atlet berlaga di Tokyo, logo ini mengingatkan untuk selalu membanggakan jutaan publik Indonesia yang bersatu mendukung mereka. Meski tak ditonton secara langsung, namun kehadiran mereka berasa melalui logo yang ada di dada.

Arlan berkata, logo ini merupakan hasil pembaruan dari saat Indonesia berlaga di Sea Games 2018. Bila sebelumnya didominasi dengan unsur obor dan tameng, kini dikembalikan menjadi filosofi dasar Indonesia yakni Garuda.

“Di balikan kepada satu filosofi, ada garuda di dadaku. Kata kata itu melekat bagi para kontingen Indonesia, ini ingin kita kembalikan. Kalo di SEA games 2018 ada obor, tameng untuk membangkitkan semangat. Dalam perjalanannya, kita ingin kembalikan tagline garuda di dadaku dan merah putih di dada,” ucap Arlan pada sambutannya di acara peluncuran ini, Senin (19/7/2021).

Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Tak hanya itu, logo ini juga untuk memenuhi peraturan baru dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang mewajibkan setiap negara menunjukkan identitasnya dalam gelaran Olimpiade ini. Tiga identitas Indonesia, yakni Burung Garuda, Merah Putih, dan Bhinneka Tunggal Ika akan terpampang di dalamnya.

Baca Juga: Tampil Optimal, Pebasket Kevin Durant Siap Sumbang Medali bagi Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo 2020

Olimpiade Tokyo 2020 sendiri akan mulai terselenggara pada 23 Juli 2021 hingga 8 Agustus 2021. Sebanyak 28 atlet Indonesia dari 8 cabang olahraga akan memperebutkan medali emas di ajang terbesar di dunia ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini