Muncul Isu Kembali Diundur, Menpora: PON XX Papua Bakal Berjalan Sesuai Jadwal

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 43 2422627 muncul-isu-kembali-diundur-menpora-pon-xx-papua-bakal-berjalan-sesuai-jadwal-haj2XKIFVO.jpg Menpora Zainudin Amali (Foto: Media Kemenpora)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali, memberikan jawaban soal rumor bahwa perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua kembali diundur. Menpora Amali menegaskan bahwa gelaran PON XX Papua bakal berlangsung sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Dalam rapat koordinasi (rakor) terkait persiapan PON Papua XX di Auditorium Wisma Kemenpora, Selasa 8 Juni 2021 lalu, Amali mengungkapkan takkan menunda lagi gelaran tersebut. Ia juga mengatakan bahwa simpang siur penundaan PON Papua XX adalah kabar tidak benar.

Logo PON XX Papua 2021

“Karena selama ini kan berkembang informasi yang simpang siur dan seolah-olah ada yang mengesankan bahwa belum siap, bahkan ada wacana yang memunculkan untuk ditunda,” ujar Menpora Amali dikutip dari laman resmi Kemenpora, Rabu (9/6/2021) siang WIB.

Rapat ini juga membahas mengenai kesiapan Papua sebagai tuan rumah PON Papua XX. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional (KONI) Pusat, Marciano Norman, menyampaikan bahwa persiapan di Papua sudah sesuai harapan.

Baca Juga: Ini Alasan PB PON Tunjuk Nagita Slavina Jadi Ikon PON Papua XX 2021

“Dari sisi kesiapan venue, sampai saat ini tetap sesuai dengan harapan kita semua. Sesuai dengan perencanaan waktu yang kita buat. Ada beberapa yang masih dalam proses tapi itu akan selesai pada waktunya,” jelas Marciano.

Sementara itu, terkait masalah keamanan di Papua, Marciano mengatakan sudah mengoordinasikan hal tersebut kepada pihak terkait. Menurutnya, penyelenggaraan ini sudah mendapat dukungan penuh dari Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Papua dan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Cenderawasih.

“Masalah situasi keamanan yang selama ini juga dikhawatirkan karena Papua itu sangat dinamis, oleh karenanya saya sudah mendapatkan dukungan penuh dari Kapolda Papua maupun Pangdam Cenderawasih dan mereka optimal melaksanakan kegiatan pengamanan untuk meyakinkan bahwa PON Papua XX ini dapat berlangsung secara aman dan lancar,” lanjutnya.

Menpora Zainudin Amali

Sementara terkait permasalahan yang mengemuka di media yakni ada kota yang menolak jadi kluster tuan rumah PON Papua XX, Marciano mengatakan hal itu benar. Namun, yang terjadi adalah hanya ada masalah komunikasi antara PB PON dengan kota setempat.

Baca Juga: Pengamanan PON Papua, Ka Ops Nemangkawi Ingatkan Berbagai Potensi Ancaman

“Masalahnya di komunikasi, itu sudah selesai. Saya atas arahan pak Menteri kita bertemu dan kita selesaikan. Insya Allah sumbatan-sumbatan komunikasi itu akan terselesaikan dengan baik,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini