Aprilia Manganang Dinyatakan Pria, Bagaimana Nasib Medalinya Bersama Timnas Voli Putri?

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 43 2375512 aprilia-manganang-dinyatakan-pria-bagaimana-nasib-medalinya-bersama-timnas-voli-putri-NrneixNceK.jpg Aprilia Manganang. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Mantan pevoli putri Indonesia, Aprilia Manganang, baru saja mengumumkan status gendernya yang ternyata seorang pria. Dengan perubahan status gender ini, bagaimana nasib medali Aprilia Manganang yang telah diraih bersama Tim Nasional (Timnas) Voli Putri Indonesia?

Sebagaimana diketahui, selama membela Timnas Voli Putri Indonesia, Aprilia memang menorehkan prestasi gemilang. Dia membantu Indonesia merebut sejumlah medali di pentas SEA Games.

Aprilia Manganang

Pada 2013, Aprilia membawa Timnas Voli Putri Indonesia meraih medali perunggu di SEA Games Myanmar. Kemudian, pada 2015, ia merebut medali perunggu lagi di SEA Games Singapura. Terakhir, ada medali perak di SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

BACA JUGA: 5 Potret Terbaru Aprilia Manganang Pamer Tubuh Kekar

Soal nasib medali-medali tersebut, pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI pun memberi jawaban. Lewat Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto, mereka menyatakan bahwa nasib deretan medali Aprilia Manganang itu masih harus menunggu konfirmasi dari Komite Olimpiade Nasional (NOC).

BACA JUGA: Kemenpora Hormati Aprilia Manganang yang Kini Dinyatakan sebagai Pria

Gatot mengatakan dalam menentukan nasib medali-medali itu, juga penting untuk mengetahui secara pasti kapan waktu perubahan genetik Aprilia Manganang. Jika perubahan genetik terjadi setelah tampil di perhelatan SEA Games tersebut, medali yang didapat Aprilia tak bisa diganggu gugat.

Tetapi, jika perubahan genetik Aprilia Manganang terjadi sebelumnya, nasib medali tersebut bergantung pada aturan di SEA Games Charter. Pastinya, pihak Kemenpora kini masih menanti konfirmasi dari NOC.

"Kalau operasi (corrective surgery) perubahannya pasca-SEA Games 2019 Filipina, tidak bisa diganggu gugat,” ujar Gatot kepada Okezone, Rabu (10/3/2021).

Aprilia Manganang

“Tapi kalau sebelum, harus dilihat dulu aturannya di SEA Games Charter, yang diambil medalinya hanya milik yang bersangkutan atau beserta timnya,” lanjutnya.

“Itu kami tunggu konfirmasinya dari NOC," tukas Gatot S Dewa Broto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini