Olimpiade Tokyo Takkan Dihadiri Penonton Asing

Antara, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 02:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 43 2375216 olimpiade-tokyo-takkan-dihadiri-penonton-asing-hLoh4XbcDV.jpg Olimpiade Tokyo (Foto: Reuters)

TOKYO - Jepang telah memutuskan melarang warga dari luar negeri menonton Olimpiade Tokyo menyusul kekhawatiran terhadap gelombang penonton yang bisa meningkatkan risiko infeksi virus corona, demikian lapor media setempat.

Kantor berita Kyodo, seperti dilansir AFP pada Rabu (10/3/2021), memberitakan bahwa pemerintah setempat telah menyimpulkan "tidak memungkinkan" mengizinkan para fan dari luar negeri untuk menghadiri pesta olahraga musim panas sedunia itu, yang telah tertunda karena pandemi.

Olimpiade Tokyo 2020

Hal itu disebabkan oleh "kekhawatiran publik Jepang terhadap virus corona dan fakta bahwa varian baru yang lebih menular dari virus tersebut telah terdeteksi di berbagai negara," Kyodo melansir, mengutip sumber ofisial yang tak disebutkan namanya.

Baca juga Mayoritas Rakyat Jepang Tak Ingin Olimpiade Tokyo 2020 Dihadiri Penonton Asing

Harian Asahi Shimbun mengatakan Komite Olimpiade Internasional telah meminta Jepang untuk membuat pengecualian bagi tamu luar negeri yang terkait dengan sponsor, dan otoritas setempat mempertimbangkan hal tersebut.

Baca juga Olimpiade Tokyo 2020 Bakal Ubah Rasa Khawatir Jadi Kegembiraan

Kendati angka penularan COVID-19 meningkat di musim dingin, Jepang memiliki tingkat kasus yang rendah secara umum, dengan sekitar 8.300 kematian.

Negara itu terhindar dari lockdown menyeluruh, namun wilayah Tokyo saat ini berada dalam status darurat yang mewajibkan bar dan restoran tutup lebih awal

Panitia penyelenggara Tokyo 2020 telah menekankan keselamatan publik akan menjadi prioritas utama di Olimpiade, yang akan dibuka pada 23 Juli nanti. Kurang lebih 900.000 tiket dilaporkan telah terjual di luar Jepang.

Penyelenggara mengatakan bahwa mereka berencana mengeluarkan keputusan resmi pada bulan ini terkait penonton dari luar ngeri, kemungkinan sebelum pawai obor dimulai pada 25 Maret.

Olimpiade Tokyo 2020

Pada Selasa, sejumlah laporan menyebut bahwa upacara start pawai obor kemungkinan digelar tanpa penonton, tapi para fan akan tetap bisa menyaksikan di sepanjang jalur yang dilewati.

Kemudian survei Yomiuri Shimbun yang dipublikasikan pekan ini mendapati bahwa lebih dari 75 persen warga Jepang menolak adanya para penonton dari luar negeri di Olimpiade.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini