PON 2021 Papua Angkat Tagline: Torang Bisa

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 07 Maret 2021 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 07 43 2373754 pon-2021-papua-angkat-tagline-torang-bisa-U4L1cGkdmI.jpg Logo PON 2021 Papua (Foto: Instagram/@kantorstafpresidenri)

PERSIAPAN Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua terus dimatangkan hingga saat ini. Setelah sempat tertunda pada 2020 karena panddemi Covid-19, PON Papua akan diselenggarakan pada 2 Oktober mendatang.

PON 2021 Papua mengangkat tagline “Torang Bisa” yang merupakan bentuk penyemangat khas Papua. Keberlangsungan gelaran ini akan menunjukkan kemajuan pembanguanan Papua.

Kangpo (Foto: Instagram/@kantorstafpresidenri)

PON 2021 Papua memakai logo bergambarkan Stadion Papua Bangkit yang merupakan simbol olahraga di Bumi Cenderawasih. Logo PON 2021 Papua tidak hanya menampilkan Stadion Papua Bangkit, tetapi juga tiga buah segitiga runcing yang mencirikan gunung-gunung di Tanah Papua.

Drawa (Foto: Instagram/@kantorstafpresidenri)

Selain itu, bagian terakhir dari logo PON 2021 Papua adalah tiga buah lingkaran berwarna merah, kuning, dan hijau di atas tiga segita. Ketiga lingkarang itu berarti prestasi, sportivitas, dan solidaritas.

BACA JUGA: Biliar Sumsel Targetkan 2 Medali di PON 2021 Papua

Sebuah gelaran akbar, seperti PON 2021 Papua, tentu memiliki maskot, yaitu Kanpo dan Drawa yang bertemakan hewan. Kedua maskot itu memakai mahkota dan rumbai sebagai representasi busana kebesaran Papua, serta mengangkat sebuah obor di tangan kanan mereka.

Perbedaan kedua maskot itu sungguh tipis. Kanpo mengenakan mahkota dengan dengan ikon Gunung Jayawijaya di bagian depannya. Sementara itu, Drawa memiliki tali merah putih dan jingga pada tubuhnya yang melambangkan kehangatan, persahabatan, dan cinta. Lalu, warna kuning pada tubuh Drawa mewakili warna cenderawasih yang melambangkan semangat dan kegembiraan.

Berbagai hal terkait PON 2021 Papua, mulai dari infrastruktur hingga tata cara penyelengaraan dan lain-lain, telah disiapkan dengan matang. Pemerintah pusat melalui Kantor Staf Presiden (KSP) pun terus berkoordinasi untuk memastikan kelancaran PON 2021 Papua.

PON 2021 Papua (Foto: Instagram/@kantorstafpresidenri)

“Untuk mendukung itu semua (penyelenggaraan PON Papua 2021), pemerintah pusat bekerjasama dengan Pemprov Papua membangun dan merevitalisasi 42 venue yang tersebar di 4 kluster yang akan digunakan untuk pelaksanaan PON XX di Papua,” tulis di unggahan instagram KSP, @kantorstafpresidenri, Minggu (7/3/2021).

“KSP akan terus berkoordinasi dengan seluruh K/L dan stakeholder untuk memastikan persiapan pelaksanaan PON XX 2021 Papua ini berjalan dengan baik, sehingga PON XX 2021 Papua dapat menjadi sejarah yang membanggakan bagi Indonesia. #PONXX #PONXXPapua2021 #TorangBisa #KSP,” pungkas pernyataan itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini