MotoGP Panggung bagi Valentino Rossi

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 38 2365115 motogp-panggung-bagi-valentino-rossi-WRr20jxuih.jpg Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

BOLOGNA – Legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi, merayakan ulang tahun ke-42 pada 16 Februari 2021. Dia pun menjadi pembalap tertua di kejuaraan di MotoGP 2021.

Mantan pembalap Ducati Lenovo, Andrea Dovizioso, menyatakan Valentino Rossi mendapatkan panggung di MotoGP. Hal itu membuat Valentino Rossi mendapatkan perlakuan berbeda ketimbang para pembalap lainnya.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Namun, ada juga dampak positif dari keberadaan Valentino Rossi di MotoGP. Dovizioso tidak memungkiri, bahwa keberadaan Valentino Rossi membuat MotoGP semakin terkenal di dunia.

Valentino Rossi merupakan wajah MotoGP selama kurang lebih dua dekade ini. Olahraga balap motor paling elite di dunia itu tidak akan setenar sekarang jika tidak ada The Doctor –julukan Valentino Rossi.

BACA JUGA: Berumur 42 Tahun, Valentino Rossi Masih Punya Motivasi dan Ambisi

Kharisma Valentino Rossi membuat MotoGP semakin diminati ketimbang sebelumnya. Oleh sebab itu, setiap tindakan Valentino Rossi dilihat dari sudut pandang yang sama. Dovizioso menilai para pemain lain akan dipandang berbeda jika meniru tindakan Valentino Rossi.

BACA JUGA: Berumur 42 Tahun, Valentino Rossi Tetap Masih Muda bagi sang Ibu

"Valentino (Rossi) adalah sebuah aset bagi semuanya. Titik. Baik untuk orang Spanyol, Italia, semuanya, karena dia menghadirkan sorotan,” kata Dovizioso, mengutip dari Corsedimoto, Jumat (19/2/2021).

“Dia telah berhasil membangkitkan daya tarik yang lebih besar terhadap para penggemar dan ini menguntungkan. Seperti biasa, sisi negatifnya adalah Anda tidak pernah dianggap sebagai tokoh utama," tuturnya.

"Tokoh utama, sampai beberapa tahun terakhir, hampir selalu menjadi milik Valentino, lalu baru pembalap lainnya. Karena itu, semua yang Anda lakukan tidak terlihat dengan cara yang sama. Ketika Anda melakukan hal yang sama seperti Valentino, Anda mendapat penilaian berbeda," tukasnya.

Valentino Rossi (Foto: Twitter/@YamahaMotoGP)

Setelah berpisah dari tim pabrikan Yamaha, Monster Energy Yamaha, pada akhir musim 2020, Valentino Rossi memulai lembaran baru dalam karier balapnya. Dia menandatangani kontrak berdurasi satu tahun dengan tim satelit Yamaha, Petronas Yamaha SRT.

Meski turun kasta, Valentino Rossi akan tetap diservis seperti pembalap tim pabrikan. Dia akan tetap mengendarai motor Yamaha YZR-M1 edisi terbaru. Valentino Rossi seharusnya bisa berbicara banyak pada musim depan karena tidak ada perubahan berarti, kecuali garasi dan warna motornya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini