Joan Mir pun Tak Sangka Bisa Juara MotoGP 2020

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 18:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 38 2357272 joan-mir-pun-tak-sangka-bisa-juara-motogp-2020-yEkZZrJmsm.jpg Joan Mir (Foto: MotoGP)

PALMA DE MALLORCA – Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, tidak menyangka bisa menjuarai MotoGP 2020. Sebab, Joan Mir tertinggal cukup jauh dari pembalap teratas dalam klasemen, Fabio Quartararo, setelah balapan pertama musim lalu, MotoGP Spanyol 2020, rampung.

Joan Mir pun menyatakan MotoGP Austria 2020 merupakan titik balik baginya pada musim lalu. Joan Mir menjadi lebih tenang untuk mengarungi kejuaraan setelah meraih podium kedua dalam balapan di Sirkuit Red Bull Ring tersebut.

Joan Mir (Foto: MotoGP)

MotoGP Austria 2020 adalah balapan keempat pada musim ini. Sebelum meraih podium di Sirkuit Red Bull Ring, performa Joan Mir tidak konsisten dengan sekali meraih poin dan dua kali gagal finis.

Performa buruk itu membuat ketegangan Joan Mir meningkat. Joan Mir menekan dirinya sendiri agar bisa meraih podium pada balapan keempat musim ini, yaitu MotoGP Austria 2020. Target Joan Mir tercapai dengan finis di belakang pemenang MotoGP Austria 2020, Andrea Dovizioso.

BACA JUGA: Joan Mir Kenang Perjuangannya untuk Jadi Juara MotoGP 2020

Setelah itu, performa Joan Mir meningkat drastis. Pembalap asal Spanyol itu konsisten tampil apik dalam setiap balapan. Joan Mir total meraih tujuh podium yang salah satunya berbuah kemenangan. Kemenangan diraih Joan Mir di MotoGP Eropa 2020.

BACA JUGA: Joan Mir Yakin Marc Marquez Bakal Berbahaya di MotoGP 2021

Joan Mir pun keluar sebagai juara setelah mengoleksi 171 poin dalam 14 balapan. Pembalap berumur 23 tahun itu unggul 13 poin dari Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) di posisi kedua.

Joan Mir pun meraih gelar juara MotoGP pertama sejak debut pada musim lalu. Nasib Joan Mir mungkin berbeda jika gagal melepaskan tekanan dari pundaknya di MotoGP Austria 2020. Oleh sebab itu, balapan keempat musim 2020 itu sangat berkesan bagi Mir.

Joan Mir (Foto: MotoGP)

"Rasanya aneh, setelah balapan pertama musim 2020 ini, saya jauh di belakang pembalap teratas dalam klasemen sementara, lalu kami merayakan gelar sekarang. Musim ini bergulir tanpa henti dengan begitu banyak putaran yang berdekatan. Jadi saya benar-benar belum tenggelam (di dasar klasemen sementara)," kata Joan Mir, mengutip dari Crash, Jumat (5/2/2021).

BACA JUGA: Alex Rins Bertekad Kalahkan sang Juara Dunia MotoGP 2020

“Austria tahun ini adalah titik balik yang nyata. Saya benar-benar menekan diri saya sendiri untuk mendapatkan podium dan sangat melegakan ketika itu terjadi,” ucapnya.

BACA JUGA: Joan Mir Yakin Marc Marquez Tersiksa pada Musim Lalu

“Saya telah memendam ketegangan di dalam diri saya dan semua itu akhirnya dilepaskan ketika berdiri di podium itu. Setelah saya membuktikan kemampuan saya, itu memberi saya perasaan yang lebih rileks dan seimbang di atas motor,” ujar pembalap asal Spanyol itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini