Marc Marquez Absen Panjang, Repsol Honda Kehilangan Ujung Tombak

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 38 2351282 marc-marquez-absen-panjang-repsol-honda-kehilangan-ujung-tombak-CFatsnfLHO.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

CASOLE D’ELSA – Manajer Tim LCR Honda, Luccio Cecchinello, menyatakan Repsol Honda kehilangan ujung tombak saat Marc Marquez absen panjang. Tanpa Marquez, Honda tidak mampu meraih satu pun kemenangan di MotoGP 2020.

Marquez bernasib apes di MotoGP 2020. Pembalap berjuluk The Baby Alien itu mengalami kecelakaan parah pada balapan perdana musim lalu, MotoGP Spanyol 2020.

Marc Marquez (Foto: Twitter/@MarcMarquez93)

Kecelakaan itu membuat lengan kanan Marquez patah. Pembalap asal Spanyol itu pun harus melakukan operasi untuk memulihkan cederanya. Meski begitu, Marquez tidak bisa tampil lagi di sisa kejuaraan musim lalu.

Saat Marquez absen, Repsol Honda bertumpu kepada adik Marquez, Alex Marquez, dan dua pembalap LCR, Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami. Akan tetapi, ketiga pembalap itu tidak mampu menggantikan peran Marquez.

BACA JUGA: Meski Comeback, Marc Marquez Tak Akan Langsung Bikin Kejutan

Gelar juara MotoGP 2020 pun jatuh ke tangan pembalap muda Suzuki Ecstar, Joan Mir. Padahal, pada empat musim sebelumya, gelar juara MotoGP selalu berakhir di garasi Honda karena kehebatan Marquez.

Cecchinello pun menyatakan Honda kehilangan Diego Maradona-nya dunia balap saat Marquez absen panjang. Kehilangan ujung tombak membuat Honda hanya menajdi penonton di MotoGP 2020.

“Saya rasa, Honda terpuruk karena tak punya ujung tombak. Mereka tak punya 'Maradona' versi balap motor,” ujar Cecchinello, mengutip dari Corsedimoto, Selasa (26/1/2021).

“Penyerang lainnya belum cukup matang. Alex masih debutan, Taka tak punya motor pabrikan, Cal yang harusnya lebih unggul, patah pergelangan tangan dan harus operasi arm pump, lalu cedera ligamen engkel," tuturnya.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

"Cal harusnya jadi ujung tombak usai 'Maradona' gagal memasukkan bola ke dalam gawang. Sayangnya, dia tak bisa melakukannya. Jika Taka punya motor pabrikan dan Alex punya kedewasaan seperti yang ia tunjukkan pada akhir musim, mungkin Honda bisa meraih beberapa kemenangan," ucap Cecchinello.

Marquez sudah menjalani tiga operasi hingga sekarang. Dia pun berpacu dengan waktu untuk pulih tepat waktu sehingga bisa tampil di pertengahan musim 2021. Jika cedera Marquez memburuk sehingga operasi keempat harus dilakukan, The Baby Alien –julukan Marquez– kemungkinkan besar tidak bisa tampil di MotoGP 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini