KOI Pastikan Olimpiade Tokyo 2020 Tetap Berlangsung Sesuai Jadwal

Antara, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 02:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 43 2350708 koi-pastikan-olimpiade-tokyo-2020-tetap-berlangsung-sesuai-jadwal-GvhlrpAWlM.jpg Olimpidae Tokyo 2020 (Foto: Reuters)

JAKARTA – Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, memberikan komentar mengenai penyelanggaraan Olimpiade Tokyo 2020. Ia memastikan bahwa hingga pada saat ini penyelengaraan Olimpiade Tokyo 2020 masih sesuai jadwal yang rencananya digelar pada Juli-Agustus.

Oktohari menuturkan kepastian ini didapat setelah pihaknya bertemu dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dan perwakilan komite Olimpiade nasional dari berbagai negara.

"Thomas Bach menyampaikan terkait isu-isu yang berkembang di luar. IOC dan NOC Jepang memastikan bahwa Olimpiade Tokyo akan dibuka 23 Juli,” kata pria yang akrab disapa Okto itu dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Senin.

Olimpiade Tokyo 2020

Santer beredar kabar Tokyo ingin keluar dan tak ingin menyelenggarakan Olimpiade. Namun pemerintah dan Komite Olimpiade Jepang membantah laporan tersebut.

Baca Juga: Jadi Ketum PB PASI, Luhut Binsar Pandjaitan Fokus ke Olimpiade Tokyo

Dengan begitu, KOI pun hingga kini masih meyakini Olimpiade Tokyo akan digelar Juli sehingga persiapan para atlet juga akan terus dilakukan terutama untuk lanjutan kualifikasi.

Begitu pun dengan masalah teknis pengiriman tim ke Tokyo, KOI masih menunggu bagaimana protokol yang dipersiapkan panitia dan pemerintah Jepang.

Meski begitu, Sekretaris Jenderal KOI Ferry Kono menyatakan KOI dan Ketua Kontingen (CdM) Indonesia untuk Olimpiade sudah mulai menyiapkan berbagai opsi dan skenario keberangkatan tim nanti.

"Berkaitan dengan proses pengiriman atlet ke Olimpiade, KOI akan bekerja sama dengan CdM. Namun kami belum bisa pastikan karena kami masih menunggu protokol kesehatan yang akan dikeluarkan pemerintah Jepang," ujar Ferry.

Olimpiade Tokyo 2020

"Khusus karantina kami sudah siapkan alternatif. Bisa dilakukan di pelatnas setiap cabor atau di Jepang. Tapi ini masih plan A dan plan B," tambah dia.

Hingga saat ini, Indonesia baru meloloskan empat atlet ke Tokyo, yaitu Lalu Muhammad Zohri dari atletik, Vidya Rafika dari menembak, serta dua atlet panahan dari nomor recurve putra dan putri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini