Kevin Sanjaya Terpapar Covid-19, BWF Komentari Absennya Minions di Thailand

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 40 2341011 kevin-sanjaya-terpapar-covid-19-bwf-komentari-absennya-minions-di-thailand-TxA6DaO1vS.jpg Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Foto: Laman resmi PBSI)

BANGKOK – Sekretaris Jenderal Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Thomas Lund, mengomentari absennya pasangan ganda putra satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di turnamen seri Asia sepanjang Januari 2021.

Turnamen yang berlangsung di Bangkok, Thailand, itu menjadi ajang terbesar BWF pertama setelah absen beberapa bulan. Meski sempat ada ajang Denmark Open Super 750 pada tahun lalu di tengah pandemi Covid-19, tetapi kali ini suasana berbeda.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Sejumlah negara dan beberapa bintang besar hadir dalam tiga turnamen seri Asia ini sehingga persaingan akan terlihat ketat. Adanya jaminan keselamatan dan keamanan pun membuat para bintang bulu tangkis tertarik untuk berpartisipasi.

Akan tetapi, menjelang keberangkatan beberapa negara besar dan bintang terpaksa mundur dari turnamen. Sebut saja seperti China yang memutuskan mundur karena masih merasa khawatir tentang penularan Covid-19.

Baca juga Kevin Sanjaya Positif Covid-19, Bagaimana Kondisi Marcus Fernaldi Gideon?

Sementara itu, skuad Jepang mundur secara mendadak setelah tunggal putra peringkat satu dunia, Kento Momota terpapar Covid-19. Situas itu membuat Jepang mengambil langkah tegas dengan mundur dari turnamen seri Asia tersebut.

Kabar mengejutkan lainnya datang dari Indonesia, di mana pasangan ganda putra peringkat satu dunia, Marcus/Kevin juga terpaksa mundur dari turnamen. Kegagalan mereka mentas di turnamen seri Asia karena Kevin dinyatakan terjangkit Covid-19.

Situasi ini tak disangkal membuat tensi kompetisi turnamen seri Asia sedikit menurun. Namun begitu, Lund memastikan bahwa kompetisi akan tetap berjalan sengit. Meski tanpa kehadiran China, Jepang, dan Marcus/Kevin, Lund percaya masih banyak pemain hebat yang akan menampilkan persaingan tingkat tinggi di Bangkok.

“Kami akan menjalani turnamen yang hebat meskipun China dan Jepang harus mundur, serta pasangan ganda putra top dunia dari Indonesia,” ungkap Lund, mengutip dari laman resmi BWF, Jumat (8/1/2021).

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

“Kami ingin memiliki semua pemain. Kami akan merindukan mereka yang menarik diri. Tetapi kami memiliki pemain hebat dan level yang sangat tinggi di Bangkok,” tambahnya.

Ada pun tiga turnamen yang diikuti di Bangkok adalah dua turnamen berkategori BWF Super 1000, yaitu Yonex Thailand Open (12-17 Januari) dan Toyota Thailand Open (19-24 Januari). Selain itu, bagi delapan pemain atau pasangan terbaik akan melanjutkan bertarung di Final BWF World Tour 2020 (27-31 Januari).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini