Kaleidoskop 2020: Si Leher Beton Mike Tyson Bangkit dari Pensiun di Usia 54 Tahun

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 43 2334811 kaleidoskop-2020-si-leher-beton-mike-tyson-bangkit-dari-pensiun-di-usia-54-tahun-zkTKZuLyCF.jpg Mike Tyson (kiri) comeback hadapi Roy Jones Jr. (Foto: REUTERS)

PADA 2020, sejumlah event olahraga ditunda atau bahkan dibatalkan karena adanya pandemi virus Corona (Covid-19). Namun, terdapat satu duel bersejarah yang terjadi tahun ini. Apalagi kalau bukan pertarungan antara Mike Tyson melawan Roy Jones Jr yang jadi panggung utamanya.

Mike Tyson yang memang sudah pensiun dari dunia tinju, membuat keputusan mengejutkan dengan kembali menjalani pertarungan. Lebih mengejutkan lagi, Mike Tyson yang memilik julukan si Leher Beton menjalani duel melawan Roy Jones Jr. tersebut di usia 54 tahun!

Mike Tyson

Rumor mengenai kembalinya Tyson bertarung memang sudah tercium sejak awal tahun ini. Terlebih Mike Tyson beberapa kali mem-posting video latihan di akun Instagram-nya yang memang mendapatkan sambutan luar biasa dari para penggemarnya.

Akan tetapi, tidak ada yang menyangka bahwa Mike Tyson bakal meladeni Jones Jr sebagai lawannya. Pasalnya banyak yang memprediksi bahwa Mike Tyson bakal meladeni perlawanan dari musuh bebuyutannya, yakni Evander Holyfield.

Pyswar Mike Tyson dan Holyfield

Baik Mike Tyson dan Holyfield saling serang di media sosial atau pun melalui pernyataan, dengan sama-sama memamerkan aksi menawan mereka ketika berlatih. Selain itu, Mike Tyson dan Holyfield sendiri memang memiliki hubungan kurang harmonis kala masih sama-sama berstatus petinju profesional.

Bahkan Mike Tyson sendiri mengaku sangat berhasrat untuk kembali menjalani pertarungan melawan Holyfield. Mike Tyson bahkan memprediksi bahwa duel ulangannya melawan Holyfield bakal sangat menyedot perhatian pencinta tinju dunia.

“Itu akan luar biasa untuk amal. Bisakah Anda bayangkan saya dan dia (Holyfield) bersama di atas ring bersama? Saya dalam kondisi baik, aku merasa sangat baik! Apa pun itu mungkin. Saya mulai rutin untuk kembali berlatih bersama tim. Kesan pertama kali kembali berlatih sangat sulit diungkapkan,” jelas Mike Tyson.

“Saya sudah mencoba masuk ke dalam ring, saya pikir saya akan mengotakkan beberapa lawan latih tanding untuk kembali mendapatkan ritme pertandingan,” tambah Tyson.

Merasa tertantang, Holyfield pun memberikan balasan pernyataan dari Mike Tyson tersebut. Holyfield pun memberikan indikasi bahwa dirinya bakal menerima tantangan dari Mike Tyson untuk kembali menjalani pertarungan tinju.

Mike Tyson

“Jika saya yang meminta (pertarungan ulang) kepadanya, itu seperti saya yang menjadi pengganggu yang mengatakan saya ingin melawan seseorang yang telah saya kalahkan dua kali. Saya tidak ingin ada tekanan kepada saya dengan mengatakan bahwa ‘Anda hanya ingin melawan Mike (Tyson) karena Anda tahu bisa mengalahkannya,’” balas Holyfield.

“Jika dia memukul saya, saya akan membalas. Saya akan berusia 58 tahun, dia akan berusia 54 tahun, Anda berbicara tentang kesehatan yang baik dan melakukan hal-hal dengan cara yang benar yang menghormatinya. Saya tidak punya masalah dengan itu,” lanjutnya.

Duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr

Infografis Mike Tyson

Akan tetapi, sangat disayangkan impian para pecinta tinju untuk melihat kembali pertarungan antara Mike Tyson melawan Holyfield urung terjadi. Pasalnya karena beberapa alasan, Mike Tyson akhirnya memilih berduel melawan Jones Jr.

Akan tetapi, karena pandemi virus Corona, membuat duel antara Mike Tyson melawan Jones Jr. yang berlangsung di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat, tak bisa dihadiri oleh penonton. Para penikmat tinju hanya bisa menyaksikan duel ini melalui layanan TV kabel atau pay per view (PPV).

Hanya saja, ada sejumlah aturan jelang laga Mike Tyson vs Roy Jones Jr digelar. Pertarungan dihentikan apabila salah satu dari Mike Tyson atau Jones Jr. mengalami cedera yang parah.

Dengan adanya aturan tersebut memang disayangkan oleh beberapa pencinta tinju. Pasalnya, aturan tersebut membuat banyak pihak meragukan pertarungan antara Mike Tyson melawan Jones Jr. bakal berlangsung sengit.

Akan tetapi, Mike Tyson dan Jones Jr. sendiri sempat sama-sama berjanji untuk bisa memberikan hiburan yang menarik dalam duel mereka. Ya, kedua sama-sama yakin mampu mempertontonkan pertarungan yang sengit.

“Bukan pertarungan sesungguhnya? Ini adalah Mike Tyson melawan Roy Jones. Saya tampil untuk bertarung, dan saya berharap dia juga datang untuk bertarung, dan hanya itu yang kalian harus tahu,” jelas Tyson.

“Jika Anda naik ke ring bersama Mike Tyson, petarung yang menganggap hal itu hanya ekshibisi akan jatuh di ronde pertama. Jika Anda tidak mengetahui hal itu, maka ada sesuatu yang salah dengan Anda,” tegas Jones Jr.

“Apabila terdapat petinju yang akan melawan Mike Tyson dan berpikir, 'Oh, ini hanya ekshibisi', tapi ini sarung tinju 12 ons? Tidak ada pelindung kepala? Ini hanya ekshibisi? Yang benar saja kawan,” tuntas pria berusia 51 tahun tersebut.

Mike Tyson

(Duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr)

Prediksi mengenai jalannya pertandingan antara Tyson melawan Jones Jr kurang menarik akhirnya benar-benar terjadi. Duel antara Tyson melawan Jones Jr memang tidak menghadirkan adu pukul dari kedua petinju tersebut, seperti yang diharapkan.

Dalam duel tersebut, Mike Tyson memang terlihat begitu mendominasi. Bahkan Mike Tyson berhasil beberapa kali mendaratkan pukulannya kepada Jones Jr. Namun, sangat disayangkan, duel antara Mike Tyson melawan Jones Jr harus berakhir imbang.

Dari ketiga juri pertandingan antara Mike Tyson melawan Jones Jr mereka memberikan penilaian berimbang. Yang mana Chad Dawson (76-76 seri), Christy Martin (79-73 untuk Tyson), dan Vinny Pazienza (76-80 untuk Jones).

Meski berakhir antiklimaks, banyak yang mengharapkan duel melawan Jones Jr. diyakini bakal menjadi awal dari pertarungan-pertarungan lainnya bagi Tyson. Terlebih, Tyson belum lama ini kembali dikait-kaitkan dengan duel melawan Holyfield. Patut dinantikan apakah di 2021, duel antara Mike Tyson melawan Holyfield bakal menjadi kenyataan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini