Beragam Peraturan Permainan Tenis Meja

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 43 2332287 beragam-peraturan-permainan-tenis-meja-HRe5kj1kws.jpg Tenis meja. (Foto: INAPGOC)

PERATURAN permainan tenis meja sudah seharusnya dikuasai para pemain. Tenis meja sendiri merupakan olahraga yang cukup terkenal di masyarakat Indonesia. Banyak orang memainkan olahraga ini saat tengah berkumpul bersama.

Untuk memainkan olahraga tenis meja, ada beragama aturan yang harus diketahui oleh para pemainnya. Dengan begitu, permainan yang seru dan menarik bakal tersaji dalam setiap pertandingannya.

Tenis Meja

Kurang lebih, ada lima peraturan yang harus diperhatikan dalam permainan tenis meja. Pertama adalah soal servis bola. Servis harus dilakukan di belakang garis meja oleh seorang pemain.

BACA JUGA: 5 Jenis Permainan Olahraga Bola Kecil

Selain soal servis, aturan lain yang tak kalah penting adalah soal memukul bola. Setiap pemain yang hendak memukul bola diharuskan untuk melambungkannya terlebih dahulu.

Ketiga, adalah soal aturan bola yang keluar. Bola yang keluar dari hasil pukulan tidak boleh dipegang atau ditahan terlebih dahulu oleh seorang pemain.

Masih berkaitan dengan bola, aturan keempat adalah bola servis harus terlebih dahulu jatuh ke area sendiri sebelum akhirnya jatuh ke area lawan. Terakhir, adalah soal pukulan servis. Jika mengenai net dan masuk ke area lawan, pemain harus mengulangi ulang pukulan servisnya.

Terlepas dari semua aturan itu, permainan tenis meja sendiri harus dimainkan sedikitnya oleh dua orang. Olahraga ini juga bisa dimainkan secara ganda dengan terdiri dari empat orang.

Tenis Meja

Permainan ini membutuhkan beberapa alat, seperti bola kecil atau ping pong, bed sebagai pemukul bola, serta meja panjang yang diberi net di bagian tengah. Olahraga tenis menja ini juga memiliki induk organisasi untuk seluruh dunia.

Induk organisasi itu bernama International Table Tennis Federation (ITTF). Di Indonesia, ada juga induk organisasi tenis meja yang diberi nama Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI).  

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini