5 Jenis Permainan Olahraga Bola Kecil

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 30 November 2020 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 43 2318974 5-jenis-permainan-olahraga-bola-kecil-kjCCyG5kXe.jpg Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: PBSI)

BERAGAM jenis olahraga berkembang pesat hingga digemari masyarakat secara luas. Dari sederet olahraga yang ada, cabang olahraga (cabor) yang menggunakan bola kecil biasanya paling banyak digemari.

Tentu saja, ada beberapa alasan yang menyebabkan hal tersebut. Salah satunya karena media yang digunakan tidaklah terlalu banyak dan terbilang ribet untuk mendapatkannya. Kali ini, mari menilik olahraga apa saja yng menggunakan bola kecil:

1. Tenis Meja

Pertama, ada tenis meja. Cabang olahraga ini menggunakan bola yang berukuran kecil. Tenis meja pun menjadi salah satu olahraga yang difavoritkan masyarakat Indonesia.

Tenis Meja

Mengenal lebih jauh soal olahraga ini, tenis meja ternyata berasal dari Inggris. Olahraga ini sudah dimainkan sejak abad ke-19 dan masih terus bertahan sampai saat ini.

Untuk memainkan olahraga ini, selain bola kecil yang seringnya berwarna oranye, pemain juga membutuhkan meja dan alat pukul kecil. Bola yang digunakan di tenis meja sendiri lebih dikenal dengan nama pingpong.

2. Bulu Tangkis

Selain tenis meja, ada juga olahraga bulu tangkis yang membutuhkan bola berukuran kecil. Olahraga ini memiliki banyak penggemar di Indonesia. Hal itu bisa dibuktikan dari banyaknya orang yang menyaksikan langsung pertandingan bulu tangkis internasional jika digelar di Tanah Air.

Bulu tangkis

Bulu tangkis sendiri menggunakan bola kecil yang memiliki bulu bernama shuttlecock atau kok. Selain itu, para pemain juga membutuhkan raket.

3. Tenis

Di urutan ketiga, ada nama tenis. Tenis juga termasuk olahraga yang menggunakan bola kecil. Meski kerap terlihat mirip dengan bulu tangkis, bola yang digunakan memiliki jenis yang berbeda.

Tenis

Olahraga tenis tak membutuhkan bola berbulu seperti bulu tangkis. Bola dalam olahraga ini biasanya berwarna hijau. Tetapi, para pemain tetap akan bertanding menggunakan raket.

4. Softball

Softball juga merupakan jenis olahraga yang menggunkan bola kecil. Biasanya, bola yang digunakan pada olahraga ini memiliki warna putih.

softball

Selain bola, para pemain juga membutuhkan tongkat pemukul. Permainan ini terbagi dalam beberapa Teknik dasar, yakni memukul, melempar, menamkap bola, dan berlari.

5. Kasti

Terakhir, ada olahraga kasti. Olahraga ini juga membutuhkan bola kecil. Jenis bola yang digunakan sejatinya persis dalam olahraga softball.

Untuk memainkan olahraga ini, harus ada 12 orang di dalam setiap tim. Tugas yang diemban kurang lebih sama seperti softball, yakni terbagi atas memukul, melempar, menamkap bola, dan berlari.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini