Ternyata Ada Peran Marquez dalam Kebangkitan Alex di MotoGP 2020

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 18:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 38 2296175 ternyata-ada-peran-marquez-dalam-kebangkitan-alex-di-motogp-2020-eLjmzQXgFw.jpg Alex dan Marc Marquez. (Foto: Twitter/marcmarquez93)

ARAGON – Pembalap Tim Repsol Honda, Alex Marquez, saat ini tengah menjadi bahan pembicaraan para pencinta MotoGP. Semua itu tak terlepas dari keberhasilannya menjadi runner-up di balapan MotoGP Aragon 2020 yang dihelat pada Minggu 18 Oktober 2020.

Finis di podium pada GP Aragon merupakan podium kedua Alex secara beruntun. Tentu semuanya tak menyangka dapat dilakukan rider asal Spanyol tersebut sebab pad awalnya banyak yang ragu akan kemampuan pembalap debutan tersebut.

Sebab di awal MotoGP 2020 Alex memang gagal tampil bersinar. Lalu apa yang pada akhirnya membuat Alex mampu bangkit di akhir MotoGP 2020 hingga akhirnya langsung dua kali finis sebagai runner-up?

Baca Juga: Alex Rindu Kehadiran Marquez di Balapan MotoGP

Alex Marquez

Jawabannya karena Alex mengikuti cara balapan dari Marc Marquez. Marquez saat ini memang sudah cukup lama absen dari balapan MotoGP dikarenakan cedera, namun settingan motornya masih dimiliki Honda.

Jadi, Alex sebenarnya bisa mengintip kapan pun pengaturan motor Marquez jika ia memang mau. Hal itu pun pada akhirnya dilakukan Alex ketika mencoba tes di Sirkuit Misano beberapa waktu yang lalu.

Semenjak tes di Misano itulah perkembangan Alex mulai terlihat. Ketika tampil di MotoGP Emilia Romagna 2020 Alex akhirnya finis di urutan ketujuh, hasil terbaik yang bisa ia dapatkan sejauh saat itu, hingga akhirnya ia pun naik podium sebagai runner-up di MotoGP Prancis.

Alex mengaku mencoba mengatur motornya agar mirip dengan milik Marquez. Semua itu pun berjalan lancar dan ia senang karena akhirnya menemukan juga settingan yang tepat untuk RC213V meski harus mengintip dari milik rekan setimnya tersebut.

“Ketika melakukan tes di Misano saya melakukan kemajuan yang sangat penting. Saya mencoba beberapa hal baru, tidak terlalu besar,” jelas Alex, seperti apa yang diwartakan GPOne, Senin (19/10/2020).

Alex dan Marc Marquez

“Saya mencoba untuk mencoba pengaturan motor yang hampir mirip dengan apa yang digunakan Marc Marquez. Sejak saat itu, saya pun mulai semakin paham dengan bagaimana cara mengendarai motor Honda,” tambahnya.

“Seperti Anda harus menjadi pembalap yang sempurna. Kuat di segala area, baik itu di titik pengereman, tikungan, akselerasi, dan Anda tak boleh fokus ke satu bidang saja. Anda juga perlu untuk terus berkonsentrasi ketika balapan,” tutup Alex.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini