Espargaro Kecewa Yamaha Ingkar Janji soal Jadi Pengganti Rossi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 01:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 38 2282127 espargaro-kecewa-yamaha-ingkar-janji-soal-jadi-pengganti-rossi-fDl7Qioz9z.jpg Pol Espargaro naik podium di MotoGP Emilia Romagna (Foto: Twitter/@polespargaro)

MISANO – Pembalap KTM Red Bull, Pol Espargaro, tampak masih kesal dengan Yamaha. Sebab, pabrikan asal Jepang itu dinilai ingkar janji padanya. Ia pernah dijanjikan akan menggantikan Valentino Rossi yang berencana pensiun pada 2014, tetapi nyatanya tidak pernah terjadi.

Kiprah Pol Espargaro yang mampu menjadi juara dunia Moto2 pada 2013, membuat Yamaha MotoGP terpikat. Ia dipromosikan ke kelas premier dan ditempatkan di Tim Tech3 Yamaha. Performa pria asal Spanyol itu ternyata cukup apik sehingga dinobatkan sebagai rookie terbaik pada MotoGP 2014.

Pembalap yang akrab disapa Polyccio itu lantas dijanjikan oleh Lin Jarvis, selaku Manajer Pelaksana Yamaha MotoGP, untuk promosi ke tim pabrikan. Namun, hal itu baru akan terjadi jika Valentino Rossi pensiun dari balap motor.

Baca juga: Pol Dedikasikan Podium MotoGP Emilia Romagna 2020 untuk sang Kakek

Valentino Rossi belum juga pensiun (Foto: MotoGP)

Seperti diketahui, Valentino Rossi urung pensiun bahkan hingga Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Fakta mengenai Pol Espargaro yang digadang-gadang sebagai pengganti, terungkap jelang MotoGP Emilia Romagna 2020 pekan lalu.

“Jarvis meminta saya bertahan bersama tim satelit karena Valentino sebentar lagi pensiun dan dia butuh seorang pembalap muda. Dia kemudian membantah hal itu dalam sebuah konferensi pers, yang membuat saya sedih,” papar Pol Espargaro, dikutip dari Tutto Motori Web, Rabu (23/9/2020).

Kesedihan memang patut dirasakan pembalap berusia 29 tahun itu. Sebab, saat itu datang tawaran dari Suzuki. Pol Espargaro malah menolak tawaran tersebut demi janji yang pada akhirnya tidak pernah dipenuhi oleh Yamaha.

“Sejak itu, saya berjanji pada diri sendiri, jika ada tawaran dari tim pabrikan lain, saya tidak akan berpikir dua kali,” imbuh adik dari Aleix Espargaro tersebut.

Seperti diketahui, Pol Espargaro langsung mengangguk setuju ketika diajak oleh KTM bergabung pada MotoGP 2017. Kendati di awal-awal sempat kesulitan, pembalap bernomor motor 44 itu perlahan mampu menunjukkan bakat besarnya.

Sikap yang sama diperlihatkan ketika datang tawaran dari Honda Racing Corporation (HRC). Pol Espargaro langsung mengiyakan tawaran untuk memperkuat Repsol Honda pada MotoGP 2021. Padahal, kinerja Honda tengah menukik pada musim ini.

Pol Espargaro diikat kontrak selama dua tahun oleh HRC. Itu berarti, ia akan menjadi pendamping Marc Marquez setidaknya hingga MotoGP 2022. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini