Pindah ke KTM seperti Balas Dendam Pol Espargaro kepada Bos Yamaha

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 19 September 2020 20:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 19 38 2280542 pindah-ke-ktm-seperti-balas-dendam-pol-espargaro-kepada-bos-yamaha-A9YZz7uG5O.jpg Pol Espargaro (Foto: Laman resmi MotoGP)

MISANO – Pembalap KTM Red Bull Pol Espargaro punya kisah kurang menyenangkan dengan Bos Yamaha, Lin Jarvis. Ia pernah diiming-imingi Jarvis sesuatu yang tidak pernah menjadi kenyataan.

Pol menceritakan, Jarvis pernah menjanjikannya posisi di tim pabrikan Yamaha, yakni Movistar Yamaha (sekarang Monster Energy Yamaha) pada musim 2015. Menurut Pol, Jarvis ingin dirinya menjadi pengganti Valentino Rossi yang saat itu diperkirakan pensiun tidak lama lagi.

Pol Espargaro (Foto: Laman resmi MotoGP)

Hal itu membuat Pol bimbang, karena ada juga tawaran dari Suzuki Ecstar yang kembali ke MotoGP pada musim 2015. Pol akhirnya menolak Suzuki, dengan harapan bisa menggantikan Rossi di Yamaha.

Namun, harapan Pol tidak terwujud. Rossi ternyata tetap membalap bersama Yamaha, bahkan hingga saat ini. Pol yang merasa diperdayai, akhirnya meninggalkan Tech3 pada akhir musim 2016.

BACA JUGA: Sakit Hati, Pol Espargaro Pernah Diperdayai Bos Yamaha

Pindah ke KTM seperti cara balas dendam Pol kepada Jarvis. Selain itu, gabung ke KTM juga memenuhi keinginan Pol untuk membela tim pabrikan. Pol kini tampak bahagia di KTM.

Ia pun menyinggung sedikit keadaannya sekarang. Pol menyebut, dirinya dan motor KTM RC16 ada di legvel yang baik untuk berkompetisi. Itu modal yang bagus bagi Pol dan KTM, untuk berbicara banyak pada musim ini.

“Karena saya ingin mencapai puncak dan ini (pindah ke KTM), adalah satu-satunya pilihan yang saya miliki. Saya merasa dalam momen fisik dan psikologis yang sangat baik, dengan kesederhanaan yang baik. Saya telah belajar untuk menderita dalam beberapa tahun terakhir dan motornya juga berada pada level yang sangat baik,” tutur Pol, menyadur dari Tutto Motori Web, Sabtu (19/9/2020).

Perjalanan Pol bersama KTM sayangnya akan segera berakhir. Pembalap asal Spanyol itu tidak memperpanjang kontraknya yang habis pada akhir musim ini.

Pol Espargaro (Foto: Laman resmi MotoGP)

Pol memilih untuk menyebrang ke rival KTM, Repsol Honda. Pembalap berumur 29 tahun itu menerima kontrak berdurasi dua tahun dari Honda. Ia akan menjadi partner baru dari Marc Marquez.

Pol direkrut tim pabrikan berlambang sayap itu, karena kemampuannya mengendarai RC16 yang memiliki karakteristik mirip dengan motor Honda RC213V. Pol diharapkan menjadi partner sekaligus rival bagi Marquez, sehingga tercipta persaingan sehat di garasi Honda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini