Sering Menang di Sirkuit Misano, Rossi Coba Kejar Podium ke-200

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 19 September 2020 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 19 38 2280418 sering-menang-di-sirkuit-misano-rossi-coba-kejar-podium-ke-200-HeNURU1Qno.jpg Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

MISANO – Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi menyambut MotoGP Emilia Romagna 2020 dengan antusias. The Doctor –julukan Rossi– datang dengan membawa misi meraih podium ke-200 selama membalap di MotoGP.

Rossi berpeluang besar meraih podium ke-200, karena MotoGP Emilia Romagna 2020 berlangsung di Sirkuit Misano. Tata letak trek sepanjang 4,2 km itu sangat cocok dengan karakteristik motor Yamaha YZR-M1 milik Rossi.

Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

Selain cocok dengan YZR-M1, Rossi pun punya catatan bagus di Sirkuit Misano. Rossi, adalah pembalap dengan kemenangan terbanyak di sana. Trek sepanjang 4,2 km itu menjadi saksi bisu tiga kemenangan The Doctor.

Rossi bukan satu-satunya pembalap yang memegang rekor itu di Sirkuit Misano. Marc Marquez (Repsol Honda) dan Jorge Lorenzo, juga merupakan pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di sirkuit yang terletak di dekat Kota Rimini, Italia itu.

BACA JUGA: Meregalli Akui Vinales dan Rossi Kesulitan di Hari Pertama MotoGP Emilia Romagna

Namun, Marquez tidak akan balapan pada akhir pekan ini, sedangkan Lorenzo telah pensiun dan menjadi pembalap penguji Yamaha. Ketidakberadaan Marquez memperbesar peluang Rossi meraih podium, atau bahkan kemenangan pada Minggu 20 September 2020.

Pembalap asal Italia itu mungkin diunggulkan di MotoGP Emilia Romagna 2020, tetapi penampilannya hingga sekarang belum meyakinkan. Rossi gagal bersinar pada sesi latihan bebas pertama dan kedua yang berlangsung kemarin, Jumat 18 September 2020.

Rossi menempati posisi ke-17 pada sesi latihan bebas pertama. Kemudian, ia memperbaiki catatanya waktunya pada sesi latihan bebas kedua, sehingga finis ke-12.

Rossi mesti meningkatkan performanya pada sesi latihan bebas ketiga, keempat, serta kualifikasi yang digelar hari ini, Sabtu (19/9/2020). Hasil apik hari ini mungkin membuahkan pole position, atau minimal posisi depan untuk The Doctor.

Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

Jika meraih hasil buruk, tantangan Rossi di MotoGP Emilio Romagna 2020 jadi lebih besar. Sebab, memenangkan balapan dari posisi belakang bukan pekerjaan mudah, bahkan untuk Rossi sekalipun. Oleh sebab itu, Rossi punya kewajiban tampil apik pada hari ini.

Pembalap berumur 41 tahun itu tentu tidak mau kehilangan kesempatan emas meraih podium ke-200, apalagi MotoGP Emilia Romagna 2020, merupakan balapan kandangnya. Meraih podium ke-200 di tanah kelahiran akan sangat spesial untuk Rossi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini