Di Kelas MotoGP, Valentino Rossi atau Marquez yang Paling Berjaya di San Marino?

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 30 Agustus 2020 00:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 30 38 2269604 di-kelas-motogp-valentino-rossi-atau-marquez-yang-paling-berjaya-di-san-marino-GwexllIYMh.jpg Valentino Rossi tiga kali menang di MotoGP San Marino. (Foto: Laman resmi MotoGP)

MISANO – Seri keenam MotoGP 2020 akan digelar di Misano World Circuit Marco Simoncelli atau biasa disebut GP San Marino, Minggu 12 September 2020. Melihat performa inkonsisten yang ditampilkan pemuncak klasemen sementara MotoGP 2020, Fabio Quartararo, dalam tiga balapan terakhir, rider berpaspor Prancis itu berpotensi tergeser dari posisi teratas kelar balapan di sini.

Saat ini dalam lima balapan awal, Quartararo duduk di puncak klasemen dengan koleksi 70 angka. Pembalap berjuluk El Diablo itu hanya unggul tiga angka dari Andrea Doviziozo (Ducati) di tempat kedua.

Fabio Quartararo

(Quartararo alami penurunan performa)

Terlebih, Dovizioso memiliki pengalaman menang di MotoGP San Marino, tepatnya pada 2018. Karena itu, rider berpaspor Italia itu berpotensi meraih kemenangan dalam balapan nanti, sekaligus naik ke puncak klasemen.

Meski begitu bukan Dovizioso pembalap tersukses di MotoGP San Marino. Di kelas MotoGP, ada tiga pembalap yang paling sering menjadi tercepat di MotoGP San Marino.

Mereka ialah Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha), Marc Marquez (Repsol Honda) dan Jorge Lorenzo (pensiun). Ketiga pembalap juara dunia itu sama-sama tiga kali menjadi pemenang di MotoGP San Marino.

BACA JUGA: Meski Kesal dengan Rossi, namun Zarco Tetap Idolakan The Doctor

The Doctor –julukan Rossi– melakukannya pada 2008, 2009 dan 2014. Sementara The Baby Alien –julukan Marquez– menjadi yang tercepat pada 2015, 2017 dan 2019.

Bagaimana dengan Lorenzo? Pria berjuluk X-Fuera itu menjadi kampiun MotoGP San Marino pada 2011, 2012 dan 2013.

Jorge Lorenzo

(Lorenzo tiga kali menang di Misano)

Dari ketiga nama di atas, hanya Rossi yang bisa mentas dalam balapan nanti. Sebab, Marquez sedang menjalani pemulihan cedera lengan kanan, sedangkan Lorenzo sudah memutuskan pensiun di akhir MotoGP 2019.

Pertanda Rossi menjadi jawara di MotoGP San Marino 2020? Hasil masa lalu tidak bisa dijadikan rujukan, mengingat performa The Doctor mengalami penurunan dari musim ke musim.

Karena itu, menarik menanti pembalap pemenang MotoGP San Marino 2020. Bukan tak mungkin, kejutan seperti di MotoGP Republik Ceko dan Styria kembali terulang. Saat itu, pembalap tak ternama seperti Brad Binder (Red Bull KTM) dan Miguel Oliviera (KTM Tech 3) keluar sebagai pemenang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini