Tikungan Ke-10 Sirkuit Red Bull Ring Tempat Miguel Oliveira Perdayai Miller dan Pol

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 23 Agustus 2020 21:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 23 38 2266219 tikungan-ke-10-sirkuit-red-bull-ring-tempat-miguel-oliveira-perdayai-miller-dan-pol-3UpuF2ZT4E.jpg Miguel Oliveira (Foto: Laman resmi MotoGP)

SPIELBERG MotoGP Styria 2020 yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (23/8/2020) malam WIB, berakhir dengan drama. Pembalap Red Bull KTM Tech3, Miguel Oliveira, secara mengejutkan keluar sebagai pemenang.

Itu merupakan kemenangan pertama bagi Oliveira sejak naik kelas ke balapan primer pada musim lalu. Selain itu, Oliveira juga merupakan pembalap asal Portugal pertama yang memenangi balapan di kelas primer.

Segala hal yang terjadi di Sirkuit Red Bull Ring tidak sesuai prediksi banyak orang. Tidak ada satu pun orang memprediksi Oliveira yang memulai balapan dari posisi kedelapan akan meraih kemenangan. Akan tetapi, Oliveira memberi kejutan untuk semua orang dengan kemenangan yang diraihnya pada lap terakhir di tikungan ke-10.

Oliveira tidak bersaing di barisan terdepan pada awal balapan. Pertarungan dalam memperebutkan posisi pertama terjadi antara Joan Mir (Suzuki Ecstar) dengan Jack Miller (Pramac Ducati).

BACA JUGA: Miguel Oliveira Beri Tech3 Kemenangan Pertama di MotoGP

Posisi pertama yang awalnya ditempati Mir direbut Miller. Pembalap berpaspor Australia itu sayangnya gagal mempertahankan posisi pertama dari Mir.

Mir bahkan tampak akan memenangkan balapan karena mampu membuat jarak yang cukup jauh dengan Miller di posisi kedua. Akan tetapi, terjadi insiden pada lap ke-17 yang mengubah jalannya balapan.

Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) mengalami kecelakaan sehingga red flag berkibar. Balapan pun harus ditangguhkan untuk sementara waktu.

Ketika balapan dimulai kembali, Mir kehilangan posisi pertama. Miller merebut posisi pertama diikuti Pol Espargaro (KTM Red Bull) dan Oliveira. Pertarungan ketat terjadi antara Miller dan Pol yang memperebutkan posisi pertama. Sementara itu, Oliveira membuntuti mereka di posisi ketiga sambil menunggu kesempatan untuk mencuri kemenangan.

Kesempatan hadir bagi Oliveira pada tikungan terakhir saat pertarungan Miller dan Pol membuat kedua pembalap tersebut melebar. Oliveira memanfaatkan celah yang ada untuk menyalip Miller dan Pol, lalu meninggalkan mereka untuk finis di posisi pertama.

Oliveira pun menjadi pembalap keempat yang memenangkan balapan di MotoGP 2020. Kemenangan membuat Pol menduduki posisi sembilan klasemen sementara dengan koleksi 43 poin. Oliveira tertinggal 27 poin dari Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang berada di puncak klasemen sementara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini