Maria Verchenova, Pegolf Cantik Andalan Rusia

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 43 2247759 maria-verchenova-pegolf-cantik-andalan-rusia-jvP6mcZqf2.jpg Pegolf asal Rusia, Maria Verchenova. (Foto: Golfdigest)

MOSKOW – Sebagai negara yang besar, Rusia selalu mampu memiliki atlet-atlet yang andal di berbagai cabang olahraga (cabor). Namun, untuk masalah olahraga golf mungkin menjadi beda cerita. Sebab Rusia nyatanya sangat jarang memiliki atlet yang menekuni cabor golf.

Golf memang bukanlah olahraga utama di Negeri Beruang Putih tersebut. Namun, hal tersebut tak berarti membuat Rusia tak memiliki pegolf yang hebat, sebab mereka memiliki satu jagoan pegolf wanita yang bisa dikatakan sangat jago.

Pegolf wanita asal Rusia yang dimaksud itu adalah Maria Verchenova. Verchenova bisa dikatakan pegolf profesional Rusia pertama. Ia bahkan tercatat sebagai orang Rusia pertama yang mampu menjadi anggota tetap di Ladies European Tour.

Tentu pencapaian yang ditorehkan Verchenova itu sangatlah luar biasa. Pegolf yang kini sudah berusia 34 tahun itu memang sudah menunjukkan bakatnya di dunia golf sejak dirinya masih sangat belia.

Baca Juga: Husain Abdullah, Pelopor Sujud Syukur di American Football

Maria Verchenova

Hebatnya lagi, semua bakat Verchenova itu diasah dengan kondisi yang terbilang tak mendukungnya untuk menjadi pegolf hebat di Rusia. Hal itu dikarenakan kondisi Rusia yang beriklim tundra membuat musim dingin memiliki jangka waktu yang sangat panjang dan membuat Verchenova sulit latihan di lapangan golf pada umumnya.

Akan tetapi, semua kondisi itu tak membuat Verchenova menyerah. Ia pun mulai mencoba kompetisi di level amatir Rusia pada 2004 silam dan berhasil memenangkannya. Merasa ketagihan, Verchenova lagi-lagi mencoba mengikuti kompetisi amatir pada 2005 dan berhasil menang di Latvia dan Slovenia.

Lalu Verchenova kembali mencoba peruntungan di Rusia Amatir serta Austria Amatir pada 2006 dan berhasil memenangkannya lagi. Merasa sudah memiliki pengalaman, Verchenova pun akhirnya menjadi pegolf profesional di 2006.

Pada 2012-2015, Verchenova sempat mengganti namanya menjadi Maria Balikoeva karena mengikuti nama dari suaminya. Karena kini ia sudah bercerai, maka Verchenova kembali ke nama aslinya.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini