Jadwal MotoGP 2020, Penantian Panjang Akan Tiba Akhir Pekan Ini

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 05:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 38 2245334 jadwal-motogp-2020-penantian-panjang-akan-tiba-akhir-pekan-ini-uQsLXSninO.jpg Pembalap MotoGP (Foto: Laman resmi MotoGP)

GELARAN MotoGP yang sudah ditunggu-tunggu akhirnya akan tiba. Pada akhir pekan ini, para pecinta olahraga MotoGP bisa menyaksikan kembali para pembalap beraksi di lintasan balap. Setelah tertunda sejak Maret, MotoGP 2020 akhirnya dimulai.

Pada awal Juni 2020, MotoGP sendiri telah mengumumkan secara resmi jadwal terbaru yang akan dimulai pada 19 Juli. Sebanyak 13 seri balapan pun akan dijalani para pembalap yang akan terpusat di benua Eropa.

Pembalap MotoGP

Seri perdana MotoGP yang akan tersaji pada akhir pekan ini akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol. Tentu saja, para penggemar sudah tidak sabar untuk menyaksikan aksi Marc Marquez dan para pembalap lain pada Minggu 19 Juli 2020.

Menariknya, Sirkuit Jerez tak akan hanya menggelar satu balapan saja, tetapi dua kali. Pada akhir pekan ini, Sirkuit Jerez akan menggelar MotoGP Spanyol. Sementara pada pekan depan ketika MotoGP 2020 akan memasuki seri kedua, balapan akan tetap digelar di Sirkuit Jerez dan bernama MotoGP Andalucia.

Tentu saja ini hal baru bagi dunia MotoGP karena adanya situasi pandemi Covid-19. Pergerakan yang terbatas membuat balapan MotoGP harus dilaksanakan di negara-negara yang memiliki jaminan keamanan terhadap virus Corona.

Baca juga Pensiun dari MotoGP, Rossi Tertarik Terjun ke Dunia Hiburan

Akan tetapi, bukan hanya Jerez, beberapa sirkuit juga akan memiliki balapan ganda. Sebut saja seperti Sirkuit Red Bull Ring. Sirkuit tersebut akan menggelar balapan bernama MotoGP Austria dan Styria.

Begitu juga dengan Sirkuit Misano yang akan memiliki balapan ganda dengan nama MotoGP San Marino dan Emilia Romagna. Ada pula Sirkuit Aragon yang akan menggelar MotoGP Aragon dan Teruel. Terakhir ada Sirkuit Valencia yang siap menjalankan seri MotoGP Europe dan Valencia.

Sementara itu, selain kelima sirkuit tersebut, ada tiga lintasan balap lain yang akan menjadi tuan rumah. Ketiga sirkuit tersebut adalah Brno (Republik Ceko), Catalunya (Spanyol), dan Le Mans (Prancis).

Selain ke-13 seri balapan tersebut, masih ada tiga seri lainnya di luar Eropa yang masih dipertimbangkan untuk menggelar balapan. Ketiganya adalah MotoGP Argentina, Thailand, dan Malaysia. Untuk kawasan luar Eropa ini, Dorna akan mengumumkan kepastiannya sebelum 31 Juli 2020.

Pembalap MotoGP

Sebelumnya, ada juga MotoGP Amerika Serikat yang siap meramaikan MotoGP 2020 di luar Eropa. Akan tetapi, MotoGP Amerika Serikat 2020 dipastikan tidak akan terlaksana.

Berikut Jadwal MotoGP 2020

19 Juli: MotoGP Spanyol (Sirkuit Jerez)

26 Juli: MotoGP Andalucia (Sirkuit Jerez)

9 Agustus: MotoGP Republik Ceko (Sirkuit Brno)

16 Agustus: MotoGP Austria (Sirkuit Red Bull Ring)

23 Agustus: MotoGP Styria (Sirkuit Red Bull Ring)

13 September: MotoGP San Marino (Sirkuit Misano)

20 September: MotoGP Emilia Romagna (Sirkuit Misano)

27 September: MotoGP Catalunya (Sirkuit Catalunya)

11 Oktober: MotoGP Prancis (Sirkuit Le Mans)

18 Oktober: MotoGP Aragon (Sirkuit Aragon)

25 Oktober: MotoGP Teruel (Sirkuit Aragon)

8 November: MotoGP Europe (Sirkuit Valencia)

15 November: MotoGP Valencia (Sirkuit Valencia)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini