Mantan Pembalap F1 Dukung Rossi Lanjutkan Karier di MotoGP

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 00:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 38 2244634 mantan-pembalap-f1-dukung-rossi-lanjutkan-karier-di-motogp-mmsltqK0KF.jpg Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (Foto: Instagtam/valeyellow)

LESMO – Masa depan Valentino Rossi di kelas utama masih belum menemui titik terang hingga saat ini. Pembalap berjuluk The Doctor itu kabarnya baru akan memberikan kepastian mengenai kelanjutan kariernya saat MotoGP 2020 kembali bergulir nanti.

Berbagai spekulasi tentang legenda hidup MotoGP itu pun terus bermunculan. Rossi beberapa kali dikabarkan bakal pensiun pada akhir MotoGP 2020 nanti. Langkah Yamaha yang memutuskan untuk menggaet Fabio Quartararo sebagai pembalap pabrikan nanti menjadi salah satu faktornya.

Artinya, Rossi dipastikan bakal angkat kaki dari tim Yamaha. Namun, di sisi lain pembalap Italia itu disebut-sebut masih berambisi untuk melanjutkan petualangannya di ajang MotoGP dan akan membalap bersama tim Petronas Yamaha.

Berbagai dukungan pun disampaikan banyak pihak agar Rossi tetap melanjutkan kariernya sebagai pembalap MotoGP. Eks pebalap Formula 1 sekaligus juara dunia 2016, Nico Rosberg, menjadi salah satunya.

Baca juga: Bukannya Latihan, Rossi malah Asyik Kendarai Mobil di Sirkuit Misano

Rosberg mengaku kagum pada Valentino Rossi yang masih bersemangat untuk balapan di MotoGP meski usianya telah mencapai 41 tahun. Meski begitu ia juga paham di usia yang tak muda lagi Rossi pasti mengalami kesulitan untuk bersaing dengan pembalap muda lain.

Tapi hal itu bukanlah masalah besar. Menurut Rosberg, Rossi masih layak untuk mengaspal di MotoGP. Rekan satu tim Maverick Vinales itu dinilainya masih bisa bersenang-senang dengan para pembalap lain di lintasan.

"MotoGP punya contoh, Valentino Rossi, yang benar-benar saya hormati, selama ia tak balapan hanya karena takut pensiun. Tapi saya rasa tak apa-apa jika ia tetap balapan selama ia bersenang-senang,” ujar Rossi, seperti dilansir dari laman Speedweek, Sabtu (10/7/2020).

Bukan hanya Rosberg, dukungan lain juga sempat disampaikan Bos Ducati, Vittoriano Guareschi, agar Rossi tetap membalap di kelas utama. Menurutnya, selama Yamaha masih bersedia memberikan motor YZR-M1 spek pabrikan, tak peduli tim mana yang ia bela, maka Valentino Rossi tak perlu pensiun dari MotoGP.

“Vale (Rossi) masih melakukan hal-hal hebat dalam usianya yang sekarang. Saya lihat ia bakal sulit meraih gelar dunia, tapi fakta bahwa ia masih tampil kuat tidaklah terelakkan lagi, apalagi ia merupakan ikon Yamaha dan faktor fundamental bagi MotoGP,” ujar Guareschi.

"Mengapa ia (Rossi) harus berhenti? Saya rasa dia masih bisa bersenang-senang. Maka dia harus melanjutnkan it. Apa yang harus ia buktikan sudah bisa dilihat. Saya sendiri masih mengendarai (Moto Guzzi) V7 karena saya bersenang-senang. Jadi mengapa ia harus berhenti balapan jika dapat motor pabrikan?” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini