Kisah Sedih Lin Dan dan Xie Xingfang yang Gagal Ikuti Jejak Alan-Susy

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 06:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 40 2242254 kisah-sedih-lin-dan-dan-xie-xingfang-yang-gagal-ikuti-jejak-alan-susy-MylwalOKy3.jpg Xie Xingfang dan Lin Dan (Foto: China.org)

GUANGZHOU – Kiprah Lin Dan sebagai pebulu tangkis memang sudah tidak diragukan lagi. Meski telah menyatakan pensiun dari dunia bulu tangkis, tetapi nama Lin Dan akan tetap dikenang sebagai seorang legenda.

Prestasi gemilang pun didapat Lin Dan, termasuk saat memenangkan dua medali emas Olimpiade 2008 dan 2012. Namun, salah satu prestasi Lin Dan di Olimpiade terasa kurang lengkap saat gagal mengawinkan medali emas dengan sang istri yakni Xie Xingfang pada 2008.

Lin Dan Xie Xingfang

Kala itu, sebagai sepasang kekasih, tentu Lin Dan ingin berbagai kebahagiaan bersama Xie Xingfang yang juga merupakan atlet berprestasi. Kiprah Xie XIngfang di nomor tunggal putri dunia pun sudah tidak diragukan lagi.

Pada gelaran Olimpiade 2008 yang digelar di Beijing, Lin Dan dan Xie Xingfang berhasil tampil di partai puncak. Keduanya pun berpotensi besar untuk mengikuti jejak Alan Budikusuma dan Susy Susanty yang dikenal sebagai pengantin emas Olimpiade di dunia bulu tangkis.

Baca juga Kisah Romantis Lin Dan dan Xie Xingfang saat Kawinkan Gelar Juara Dunia pada 2006

Lin Dan sendiri bertemu dengan musuh bebuyutannya asal Malaysia yakni Lee Chong Wei. Sementara, Xie Xingfang melawan rekannya asal China yakni Zhang Ning. Melihat calon lawan, keduanya memang diprediksi takkan menjalani laga mudah.

Akan tetapi, Lin Dan berhasil menaklukkan Lee Chong Wei dengan kemenangan meyakinkan. Bermain hanya dalam dua set, Lin Dan memenangkan pertandingan dengan skor 21-12 dan 21-8.

Sementara, Xie Xingfang mengalami perjuangan yang sangat berat untuk menaklukkan sang senior. Melalui pertarungan sengit tiga set, Xie Xingfang akhirnya harus menyerah dari Zhang Ning dengan skor 12-12, 21-12, dan 18-21.

Melihat hasil tersebut, Lin Dan memang merayakan kemenangan yang luar biasa dengan meraih medali emas pertamanya di Olimpiade. Akan tetapi, Lin Dan gagal mengawinkan emas dengan sang kekasih, Xie Xingfang yang harus puas meraih medali perak.

Lin Dan

Padahal jika berkaca pada 2006, Lin Dan dan Xie Xingfang berhasil membuat kisah romantis di ajang Kejuaraan Dunia. Keduanya berhasil mengawinkan gelar juara dunia saat berlangsung di Madrid, Spanyol.

Hubungan Lin Dan dengan Xie Xingfang sendiri sudah terjalin sejak 2003. Pada Desember 2010, keduanya memutuskan untuk menikah dan telah memiliki seorang putera bernama Lin Xiao Yu yang lahir pada 5 November 2016.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini