Kemenpora Persiapkan Protokol Olahraga di Era New Normal

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2020 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 29 43 2221682 kemenpora-persiapkan-protokol-olahraga-di-era-new-normal-0DJBaUHFrN.jpg Menpora Zainudin Amali. (Foto: Okezone/Dede Kurniawan)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), Zainudin Amali, tengah mempersiapkan protokol olahraga yang akan diterapkan pada era new normal atau kenormalan baru di Indonesia. Penyusunan protokol olahraga ini dilakukan agar kegiatan di dunia olahraga, seperti latihan hingga kompetisi bisa kembali digelar.

Dalam menyusun protokol olahraga di era new normal, Zainudin mengadakan diskusi bersama dengan para stakeholder di bidang olahraga. Diskusi dilakukan secara virtual dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), serta Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), pada Jumat (29/5/2020) sore WIB.

Zainudin Amali

"Kami bersama KONI Pusat, NOC Indonesia, dan FORMI baru mendiskusikan persiapan kegiatan olahraga nasional pada saatnya nanti new normal atau kenormalan baru sudah kita masuki," ujar Zainudin dalam telekonferensi pers guna membicarakan hasil diskusi dengan para stakeholder terkait penyusunan protokol olahraga, Jumat (29/5/2020).

BACA JUGA: Potensi Piala Dunia U-20 2021 Tanpa Penonton, Menpora: Nanti Kita Lihat

Zainudin mengatakan bahwa dalam diskusi tersebut telah dibahas beberapa hal terkait pelaksanaan kompetisi, pelatihan, hingga kegiatan olahraga di masyarakat saat memasuki era new normal. Draf yang disusun pun dipastikan tetap berpatokan dengan panduan yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Hasil diskusi yang dilakukan Menpora dengan para stakeholder ini pun nantinya akan dilaporkan ke diskusi terbatas kabinet kepada Presiden RI, Joko Widodo. Dengan begitu, protokol olahraga di era new normal ini bisa menjadi pegangan agar kegiatan olahraga bisa tetap berlangsung.

“Kita tetap berpatokan kepada tahapan-tahapan yang akan dikeluarkan oleh Gugus Tugas. Jadi, seperti apa tahapan-tahapan yang akan dikeluarkan Gugus Tugas akan kita patuhi. Kita akan lihat kegiatan olahraga ini masuk tahapan berapa. Artinya, kita tidak ingin membuat aturan sendiri tanpa koordinasi dengan berbagai pihak atau kementerian dan lembaga lain, seperti Kemenkes, Kemenko PMK, dan Gugus Tugas,” tutur Zainudin.

“Kalau ditanya kapan dimulainya, kita menunggu tahapan-tahapan, kita menunggu kegiatan olahraga ini diberi kesempatan di tahapan ke berapa. Kemepora, KONI, NOC, dan FORMI Nasional memberikan drafnya yang nanti akan menjadi keputusan resmi pemerintah,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini