Mike Tyson Kenang Janji untuk Balas Kekalahan Muhammad Ali dari Larry Holmes

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 27 April 2020 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 43 2205451 mike-tyson-kenang-janji-untuk-balas-kekalahan-muhammad-ali-dari-larry-holmes-KUC5BXPl6p.jpg Mike Tyson. (Foto: Reuters)

NEW YORK – Mantan petinju, Mike Tyson, mengenang janji yang pernah diikrarkannya kepada legenda tinju dunia, Muhammad Ali, di masa lalu. Janji tersebut adalah membalaskan kekalahan Ali dari Larry Holmes yang terjadi pada 1980.

Pil pahit memang harus ditelan Ali saat dihadapkan dengan Holmes dalam duel perebutan sabuk gelar kelas berat pada empat dekade lalu. Ia takluk di tangan Holmes di ronde ke-10. Kekalahan ini menjadi pukulan besar untuk Ali.

Muhammad Ali

Ali sendiri diketahui sudah diperingatkan untuk tidak melakukan pertarungan kontra Holmes setelah melakukan pemeriksaan sebelum pertarungan. Sebab, tim medis menilai bahwa sang petinju berada dalam kondisi fisik yang buruk. Tetapi, Ali tetap memaksa tampil yang akhirnya berujung dengan kekalahan tersebut.

BACA JUGA: Perusahaan Ganja Mike Tyson Ingin Beli Hak Penamaan Camp Nou

Mike Tyson sendiri yang saat itu masih berusia 14 tahun pun mengaku menyaksikan langsung kekalahan tersebut. Petinju asal Amerika Serikat itu menyaksikan duel besar dalam dunia tinju itu lewat siaran di televisi.

Pada suatu hari, Tyson yang tengah meniti karier di dunia tinju pun mendapat kesempatan untuk berbincang langsung dengan Ali. Adalah pelatih Tyson, Cus d’Amato, yang berada di balik terjalinnya komunikasi tersebut. Dalam perbincangan yang dilakukan via telefon itu, Tyson pun mengutarakan janjinya kepada Ali untuk membalaskan kekalahannya dari Holmes.

"Keesokan paginya, Cus d’Amato berbicara di telefon dengan Muhammad Ali setelah mengambil perjanjian duel ini dari Holmes. Dia berkata kepada Ali, ‘Saya punya bocah kulit hitam muda yang akan menjadi juara kelas berat suatu hari dan saya ingin Anda berbicara dengannya,’” ujar Tyson, sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Senin (27/4/2020).

''Ketika saya dewasa, saya akan melawan Holmes dan saya akan mengembalikannya untuk Anda (Muhammad Ali),” tutur Tyson mengutarakan janjinya kepada Ali yang disampaikan via telefon.

Hal yang dinantikan Tyson pun akhirnya tiba. Ia akhirnya dihadapkan dengan Holmes pada 1988. Sebelum duel dimulai, Tyson mengaku mendapat bisikan dari Ali yang mengingatkan dirinya untuk menepati janji. Janji tersebut pun akhirnya berhasil dibayarkan setelah Tyson mengalahkan Holmes secara technical knockout (TKO). Ia menang di ronde keempat.

"Tepat sebelum pertandingan, Ali berbisik, ‘Ingat apa yang Anda katakan, balaskan kekalahan saya darinya,’” tukas Mike Tyson.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini