nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Juara Umum SEA Games 2019, Ini Persebaran Medali Filipina

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 20:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 11 43 2140788 jadi-juara-umum-sea-games-2019-ini-persebaran-medali-filipina-cXDT5n7g1w.jpg SEA Games 2019. (Foto: Inquired)

MANILA – Filipina dipastikan keluar sebagai juara umum di SEA Games 2019. Kepastian ini didapat setelah tuan rumah berhasil mengoleksi total 387 medali yang terdiri dari 149 emas, 117 perak, dan 121 perunggu.

Para wakil tuan rumah memang berhasil merajai beberapa cabang olahraga (cabor). Mereka bisa merengkuh banyak medali hingga akhirnya keluar sebagai juara umum dalam beberapa cabor. Medali emas terbanyak yang bisa direngkuh tuan rumah pada gelaran SEA Games 2019 ini sendiri berasal dari cabang olahraga arnis. Di cabor ini, total 14 medali emas bisa diraih.

BACA JUGA: Indonesia Jadi Juara Umum di 9 Cabang Olahraga SEA Games 2019

Hanya empat medali emas yang gagal diraih oleh kontingen Filipina dari cabang olahraga arnis. Keempat medali tersebut berasal dari nomor pertandingan tradisional open weapons, featherweight, lightweight, dan walterweight. Emas di empat nomor pertandingan ini direngkuh oleh Vietnam.

triathlon SEA Games 2019

Medali emas terbanyak kedua diraih dari cabor atletik. Di cabor ini, Filipina total dapat merengkuh 11 medali emas, ditambah delapan perak dan delapan perunggu. Selanjutnya, sebanyak 10 medali emas diraih kontingen Filipina dari cabang olahraga dancesports.

Selain tiga medali di atas, lebih dari lima medali emas juga bisa dikantongi Filipina dari enam cabang olahraga lainnya. Keenam cabor tersebut adalah tinju (tujuh emas), jiu-jitsu (lima emas), obstacle course (enam emas), skateboarding (enam emas), taekwondo (delapan emas), dan westling (tujuh emas).

Untuk medali emas sisanya, Filipina meraih di 35 cabang olahraga lainnya. Di cabang olahraga panahan, basket, baseball, biliar, kano, sepeda, e-sport, fencing, golf, gymnastic, judo, karate, kickboxing, kurash, lawn bowls, modern pentathlon, muay, pencak silat, dayung, rugby 7s, sailing, sambo, sepak takraw, menembak, soft tenis, softball, squash, surfing, berenang, tenis, wakeboarding, angkat besi, dan windsurfing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini