nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marc Marquez Raih Pole Position di Semua Sirkuit MotoGP

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 19 Oktober 2019 20:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 19 38 2119133 marc-marquez-raih-pole-position-di-semua-sirkuit-motogp-WeZ7bWH0iq.jpg Marquez (tengah) raih pole position di MotoGP Jepang 2019. (Foto: MotoGP.com)

MOTEGI – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mencetak sejarah setelah meraih pole position di MotoGP Jepang 2019. Berkat keberhasilannya itu, The Baby Alien –julukan Marquez– tercatat telah meraih pole position di semua sirkuit yang pernah dijajalnya, semenjak naik ke kelas MotoGP pada 2013.

Terhitung sejak 2013 atau ketika Marquez naik kasta ke kelas MotoGP, pembalap asal Spanyol itu sudah menjajal 20 sirkuit. Seperti yang sudah diutarakan di atas, Marquez mencetak pole position di semua arena tersebut. Sirkuit Motegi pun menjadi arena terkini yang ditaklukkan rider 26 tahun tersebut.

Marc Marquez

Meski begitu, Marquez bukanlah pembalap terhebat dalam urusan pole position. Marquez masih kalah dari dua pembalap legenda, yakni Mick Doohan dan Valentino Rossi. Sepanjang karier balapnya, Doohan meraih pole position di 24 sirkuit berbeda, sedangkan Rossi (21).

BACA JUGA: Hasil Kualifikasi MotoGP Jepang 2019, Marquez Menggila

Di bawah Marquez, ada nama Casey Stoney dan Kevin Schwantz yang sama-sama meraih pole position di 18 sirkuit berbeda. Meski begitu, Marquez masih berpotensi melewati rekor Doohan dan Rossi, mengingat ia baru 26 tahun.

Terlebih dalam beberapa tahun ke depan, sirkuit anyar akan menjadi tuan rumah MotoGP. Pada MotoGP 2020, Sirkuit Kymi Ring di Finlandia akan menggelar balapan. Pada 2021, ada penambahan Sirkuit Mandalika (Indonesia) dan setahun kemudian, giliran Brasil yang menjadi tuan rumah.

Mick Doohan

(Doohan legenda MotoGP yang bersinar bersama Repsol Honda)

Karena itu, Marquez masih memiliki peluang untuk mencetak rekor demi rekor di kelas MotoGP. Bahkan jika menjadi kampiun musim depan, Marquez akan menyamai catatan tujuh gelar dunia kelas MotoGP milik The Doctor –julukan Rossi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini