Share

Suhu Terlalu Panas, MotoGP Thailand Bakal Digelar Malam Hari?

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 08:21 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 15 38 2116923 suhu-terlalu-panas-motogp-thailand-bakal-digelar-malam-hari-Zn8xoS6yRk.jpg Suhu udara di sekitar Chang International Circuit diperkirakan sangat panas pada Maret (Foto: Twitter/MotoGP)

MADRID – Suhu panas di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, membawa dilema untuk promotor MotoGP, Dorna Sports. Dengan pemindahan jadwal pada MotoGP 2020 dari Oktober ke Maret, maka suhu panas akan kembali menjadi sorotan.

Sekadar informasi, suhu di Buriram bisa mencapai 36 derajat Celsius pada Maret, sedangkan suhu di lintasan bisa menyentuh angka 52 derajat Celsius! Tingginya temperatur itu memunculkan ide untuk menggelar MotoGP Thailand pada malam hari untuk musim-musim berikutnya.

Suhu panas di Chang International Circuit membuat Dorna bimbang (Foto: MotoGP)

Baca juga: Resmi! Brasil Kembali Gelar MotoGP pada 2022

Seorang juru bicara Dorna Sports mengatakan, kemungkinan itu sedang dibahas bersama pengelola sirkuit. Sementara itu, MotoGP Thailand 2020 akan tetap digelar pada 22 Maret di siang hari karena menggelar balapan malam butuh banyak persiapan.

“Balapan malam di Buriram tidak masuk rencana pada 2020. Mungkin saja bisa untuk masa depan, tetapi tidak untuk musim mendatang,” ujar seorang juru bicara Dorna Sports, dinukil dari Crash, Selasa (15/10/2019).

“Sebab, mereka harus memasang seluruh perlengkapan baru (lampu) dan itu membutuhkan uang dan waktu,” imbuh juru bicara yang namanya dirahasiakan tersebut.

MotoGP Qatar dipindah ke malam hari karena suhu udara sangat panas saat siang (Foto: MotoGP)

Pemindahan waktu balapan dari siang ke malam hari dengan alasan suhu udara sudah pernah dilakukan untuk seri Qatar belasan tahun lalu. Awalnya, Sirkuit Losail menggelar pada balapan pada siang hari sejak debut di musim 2004, tetapi kemudian dipindahkan ke malam hari mulai MotoGP 2008 hingga sekarang dengan alasan suhu panas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini