Hopkins: Marc Marquez Ditipu Alex Rins

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 31 Agustus 2019 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 31 38 2099023 hopkins-marc-marquez-ditipu-alex-rins-Y3H03ohrWd.jpg Alex Rins dan Marc Marquez (Foto: MotoGP)

CALIFORNIA – Dalam gelaran MotoGP Inggris 2019, pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, sukses keluar sebagai pemenang. Rins pun mendapat apresiasi dari mantan pembalap MotoGP, John Hopkins. Pasalnya, Rins dinilai melakoni balapan dengan cerdas karena mampu memperdaya rider Repsol Honda, Marc Marquez.

Sebagaimana diketahui, dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Silverstone tersebut, Marquez sebenarnya selalu menempati posisi terdepan. Akan tetapi, pada tikungan terakhir di lap terakhir, pembalap berjuluk The Baby Alien itu disalip oleh Rins.

Baca juga: Satu-satunya Pembalap Honda yang Kompetitif di MotoGP 2019, Marquez Dipuji Ciabatti

Marc Marquez vs Alex Rins

Menurut Hopkins, hal itu bisa terjadi lantaran Rins telah menipu Marquez. Karena pada lap sebelumnya di tikungan terakhir, Rins mencoba menyalip Marquez dari luar. Itulah mengapa, ketika memasuki tikungan terakhir di lap terakhir, posisi motor Marquez menjadi melebar, untuk menghalangi upaya Rins yang kembali ingin menyalipnya. Akan tetapi, Rins pada faktanya malah menyalip Marquez dari dalam.

“Di lap kedua terakhir, keduanya mencapai tikungan terakhir dan Rins mencoba menyalip Marquez dari luar. Anda bisa langsung tahu bahwa Rins berencana untuk melewati pilot Honda, namun Marquez tidak menduga itu," kata Hopkins, mengutip dari Speedweek, Sabtu (31/8/2019).

"Sungguh lucu melihat Marc memimpin balapan di tikungan itu. Ketika keduanya datang ke tempat yang sama di lap terakhir, mereka memperhatikan bagaimana tekad Marc berusaha untuk menjaga garis, untuk tidak memberi Alex kesempatan,” lanjutnya.

Marc Marquez vs Alex Rins

“Akan tetapi, Rins sebelumnya menipu Marquez dengan memilih garis luar pada satu putaran sebelumnya dan Marc sekarang berpikir dia akan mencobanya lagi. Tapi Rins memposisikan dirinya dengan sempurna untuk menyalip Marquez di garis dalam. Itu adalah manuver yang direncanakan dengan sempurna," pungkas Hopkins.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini