Share

Perkuat Sinergi, PBTI Kunjungi Badan Dunia Taekwondo Kukkiwon

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 05 Juli 2019 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 05 43 2074950 perkuat-sinergi-pbti-kunjungi-badan-dunia-taekwondo-kukkiwon-kFcvrhhgZV.jpg Kunjungan PBTI ke Badan Dunia Taekwondo Kukkiwon (Foto: Istimewa)

BUSAN- Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), Letjen TNI (Purn) H. Thamrin Marzuki, didampingi Ketua Harian, Ir. M. Anthony Musa Siregar, SH, MKn, melakukan kunjungan ke Badan Dunia Taekwondo Kukkiwon di distrik Gangnam-Gu, Seoul, Korea Selatan pada Jumat (5/7/2019).

Kunjungan kali ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kerjasama yang sudah terjalin selama ini antara PBTI dengan Kukkiwon, khususnya dalam pengembangan, pembinaan dan peningkatan prestasi taekwondo Indonesia. Presiden Kukkiwon, Choi Young Ryul, menyambut baik kunjungan Ketua Umum PBTI dan berjanji untuk memprioritaskan program-program Kukkiwon untuk kemajuan taekwondo Indonesia.

Kunjungan PBTI ke Badan Dunia Taekwondo Kukkiwon (Foto: Istimewa)

Hal tersebut menjadi komitmen Choi karena mengetahui bahwa potensi perkembangan dan prestasi taekwondo Indonesia yang semakin baik. Oleh karena itu, program pembinaan kepada para intruktur dalam hal pengetahuan dan kompetensi untuk membina serta mengembangan prestasi perlu didukung seoptimal mungkin.

BACA JUGA: Sambutan Perdana Ketua Umum PBTI yang Baru

Dalam pertemuannya dengan Ketua Umum PBTI, telah disepakati beberapa komitmen penting antara lain, tentang pengakuan UKT DAN 7 yang bisa dilakukan di Indonesia, bantuan pengadaan kejuaraan Internasional Hanmadang di Indonesia pada tanggal 19 Oktober 2019 , pelatihan internasional Master di Indonesia dan otoritas UKT DAN oleh PBTI, yang berarti hanya PBTI sebagai pemegang otoritas penyelenggara UKT DAN di Indonesia.

Kunjungan PBTI ke Badan Dunia Taekwondo Kukkiwon (Foto: Istimewa)

Ketua Umum PBTI juga mendapat apresiasi dengan menerima Honorary DAN 7 yang diberikan Choi karena dianggap sebagai salah satu tokoh yang berjasa mengembangan atmosfer, pembinaan dan pengembangan taekwondo ketika dirinya menjabat Ketua Pengprov TI Sulteng. Selain itu, Marzuki juga dianggap sebagai salah satu tokoh yang ikut berjasa mengembangankan taekwondo di Indonesia bersama tokoh-tokoh dari negara Asia lainnya.

Seperti diketahui, Kukkiwon adalah organisasi Badan Taekwondo dunia selain World Taekwondo yang khusus berfungsi sebagai badan yang menerbitkan peringkat taekwondo dan (gelar sabuk hitam) promosi dan sertifikasi. Selain itu, organisasi Kukkiwon juga dipercaya oleh Departemen Kebudayaan Korea dan Olahraga untuk mengurusi soal program instruktur bagi para praktisi taekwondo di seluruh dunia.

Organisasi tersebut bertugas untuk melakukan penelitian dan seminar pengajaran atau yang lebih dikenal para praktisi taekwondo dengan sebutan World Taekwondo Academy. World Taekwondo Academy berhak mengeluarkan semua linsensi tentang penyelenggaraan pendidikan, kepelatihan dan sertifikasi kepemimpinan Master Taekwondo di seluruh dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini