nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aspal Abrasif Sirkuit Catalunya Jadi Tantangan untuk Pemasok Ban MotoGP

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 12 Juni 2019 15:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 12 38 2065692 aspal-abrasif-sirkuit-catalunya-jadi-tantangan-untuk-pemasok-ban-motogp-KAChCoYVpo.jpg Aspal di Sirkuit Catalunya sangat kejam terhadap bagian kanan ban (Foto: MotoGP)

CLERMONT-FERRAND – Sirkuit Catalunya di Barcelona kembali memberi tantangan tersendiri untuk pemasok ban tunggal MotoGP, Michelin. Pabrikan asal Prancis itu membawa lima pilihan ban yang bisa dipakai setiap pembalap di MotoGP Catalunya 2019.

Lintasan yang juga dipakai untuk balapan Formula One (F1) itu kerap disebut sebagai prototipe sirkuit modern. Selain punya trek lurus panjang, Sirkuit Barcelona juga menghadirkan tikungan cepat, lambat, dan kondisi lintasan yang naik turun.

Ban Michelin (Foto: MotoGP)

(Baca juga: Michelin Beberkan Pilihan Ban untuk MotoGP Italia 2019)

Tantangan terbesar hadir dalam bentuk aspal yang abrasif terhadap permukaan ban. Guna mengakali masalah tersebut, Michelin membawa lima kompon ban berbeda. Seperti biasa, ban soft, medium, dan hard akan diandalkan di MotoGP Catalunya 2019.

Khusus untuk ban kering hard, baik ban depan dan belakang sama-sama didesain asimetris. Sementara untuk soft dan medium, hanya ban belakang saja yang asimetris. Untuk ban basah, Michelin menyediakan ban soft dan medium dengan ban belakang berdesain asimetris di kedua kompon.

“Ini adalah salah satu trek yang memberikan ujian berat bagi motor dan ban. Barcelona adalah salah satu event paling penting di kalender MotoGP dan juga memberikan balapan yang sungguh indah,” tutur Direktur Balap Roda Dua Michelin, Piero Taramasso, mengutip dari Corse di Moto, Rabu (12/6/2019).

Sirkuit Catalunya (Foto: MotoGP)

“Ada kombinasi tikungan, sebuah trek lurus panjang, dan permukaan aspal yang abrasif di sisi kanan ban. Suhu udara bisa sangat tinggi sangat balapan sehingga ban-ban harus bisa beradaptasi. Kami memakai data pemakaian ban 2018 untuk menyediakan pilihan akhir pekan ini,” imbuh pria berpaspor Italia tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini