nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelatih Tak Menyangka Lin Dan Masih Bisa Juara

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 22 April 2019 02:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 21 40 2046186 pelatih-tak-menyangka-lin-dan-masih-bisa-juara-lh8L2EKMZp.jpg Tunggal Putra China, Lin Dan (Foto: BWF)

WUHAN – Lin Dan merupakan salah satu pebulu tangkis tunggal putra terbaik yang pernah dimiliki China. Selama bertahun-tahun Lin Dan telah merajai bulu tangkis dunia dan memenangkan banyak kejuaraan, termasuk menyabet medali emas olimpiade. Bahkan, di usianya yang kini sudah menginjak 35 tahun, pria kelahiran Fujian itu masih bisa menyabet gelar juara.

Teranyar, Lin Dan berhasil menjadi juara dalam turnamen Malaysia Open 2019. Di partai puncak ia mengalahkan rekan senegaranya, Chen Long, dengan skor 9-21, 21-17, dan 21-11. Hal tersebut nyatanya membuat Pelatih Tim Bulu Tangkis China, Zhang Jun, merasa terkejut.

(Baca juga: Lee Yong-dae Jadikan Penampilan Gemilang Ahsan/Hendra sebagai Acuan)

Zhang Jun

Zhang Jun mengaku tidak menyangkan kalau Lin Dan akan menjadi juara di Malaysia Open 2019. Karena, dibandingkan dengan penampilan Lin Dan di turnamen sebelumnya, yakni Swiss Open 2019, terdapat perbedaan besar. Kala berlaga di Swiss Open 2019 Lin Dan hanya bisa mencapai babak perempatfinal usai dikalahkan wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, 21-14, 8-21, 11-21.

“Itu tidak terduga, saya tidak bisa membayangkan dia akan melakukannya. Jika Anda membandingkan penampilannya di turnamen sebelumnya dan Malaysia, ada perbedaan besar. Ini menunjukkan bahwa secara fisik kondisinya sangat baik, dia lebih cepat dan kontrolnya lebih baik,” ujar Zhang Jun, menukil dari laman resmi BWF, Senin (22/4/2019).

Lin Dan

Kendati begitu, harus disayangkan karena Lin Dan tak bisa mempertahankan performa apiknya. Setelah menjadi juara di Malaysia Open, Lin Dan berlaga di Singapura Open 2019. Di babak pertama ia berhadapan dengan Viktor Axelsen asal Denmark dan langsung tersingkir. Lin Dan tak bisa bertarung hingga akhir melawan Axelsen karena ia mengalami cedera.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini