nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wapres JK Senang Indonesia Lewati Target Medali di Asian Para Games 2018

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 20:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 13 43 1963677 wapres-jk-senang-indonesia-lewati-target-medali-di-asian-para-games-2018-XXslPqiwrM.jpeg Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Kontingen Indonesia berhasil menyabet total 135 keping medali, dengan rincian 37 emas, 47 perak, dan 51 perunggu di Asian Para Games 2018. Prestasi tersebut melampaui target yang ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kepada para atlet.

Dengan raihan 37 medali emas, Indonesia berhasil menduduki peringkat lima besar dalam klasemen akhir perolehan medali Asian Para Games 2018. Sebagai informasi, Presiden Jokowi juga menargetkan agar kontingen Indonesia menempati setidaknya peringkat delapan.

(Baca juga: Parade Bendera Peserta Asian Para Games 2018 Awali Upacara Penutupan)

Presiden RI Joko Widodo bersama atlet Para Games 2018

Dalam sambutannya di upacara penutupan, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla memuji pencapaian tersebut. Pria asal Sulawesi Selatan itu sempat bercanda dengan meminta maaf kepada Presiden Jokowi, yang tidak hadir, karena targetnya meleset.

“Saya minta maaf kepada Presiden karena target bapak 16 emas meleset, meleset ke atas. Kita juga meraih peringkat kelima melebihi prestasi pada dua Asian Para Games terakhir,” ucap Wapres JK di Stadion Madya, Jakarta, Sabtu (13/10/2018).

Klasemen akhir perolehan medali Asian Para Games 2018

Pria berusia 76 tahun itu lantas memuji perjuangan para atlet Indonesia yang berhasil mencatatkan prestasi gemilang tersebut. JK menambahkan, atlet-atlet yang berlaga di Asian Para Games 2018 sudah berhasil meruntuhkan persepsi akan penyandang disabilitas.

“Anda semua telah menunjukkan jauh lebih kuat, baik, dan mampu dari yang dipikirkan semula. Anda boleh berkebutuhan khusus tetapi tidak kekurangan prestasi dan kejayaan. Kerja keras Anda meruntuhkan persepsi terhadap penyandang disabilitas. Selamat bagi yang sudah memenangkan maupun yang tidak. Anda semua adalah pemenang,” tukas Jusuf Kalla.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini