Pedrosa Latihan Balapan di Trek Basah Selama Musim Dingin

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 06:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 14 38 1859236 pedrosa-latihan-balapan-di-trek-basah-selama-musim-dingin-QpVtCSPj9f.jpg Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa (Foto: Laman resmi MotoGP)

AALST – Meski sejatinya para pembalap MotoGP mendapat waktu untuk berlibur saat memasuki musim dingin, namun hal tersebut nyatanya tidak dilakukan sepenuhnya oleh pembalap Tim Repsol Honda, Dani Pedrosa. Pasalnya, pembalap asal Spanyol itu tetap berlatih guna memperbaiki penampilannya dalam gelaran MotoGP 2018.

Pedrosa menyadari bahwa salah satu yang menjadi kelemahannya adalah saat mentas di lintasan yang basah. Karena rekan satu tim Marc Marquez itu memiliki tubuh yang kecil, Pedrosa mengaku kalau dirinya kerap kesulitan mengendalikan motor saat lintasan tidak dalam kondisi kering.

(Baca juga: Manajer KTM Yakin Pedrosa Bisa Raih Gelar Juara MotoGP)

Maka dari itu, sepanjang musim dingin Pedrosa mencoba melakukan latihan dengan menggunakan trek basah untuk mencari tahu jalan keluar bagi permasalahannya. Pembalap berjuluk The Little Smurf itu menilai bahwa hal tersebut penting dilakukan guna menjaga peluang menjadi juara dunia.

Pada gelaran MotoGP 2017, Pedrosa memang meraih hasil cukup memuaskan dengan sebanyak sembilan kali naik ke atas podium, di mana dua di antaranya (di GP Spanyol dan Valencia) ia menjadi pemenang. Namun, hal tersebut tentunya tak cukup untuk membawa Pedrosa bersaing di jajaran terdepan.

Pasalnya, dalam beberapa balapan, utamanya saat kondisi lintasan basah, pembalap 32 tahun itu justru mengalami hasil buruk. Sebut saja saat balapan di GP San Marino, di mana Pedrosa finis di posisi ke-14, serta balapan di GP Australia saat dirinya finis di tempat ke-12. Bahkan Pedrosa juga sempat gagal finis saat mentas di GP Italia.

“Tahun lalu saya melakukan beberapa balapan yang bagus dan saya memiliki momen di mana saya meraih podium. Saya beberapa kali tampil konsisten untuk mencoba bertarung memperebutkan gelar juara. Namun kemudian, karena beberapa lintasan, saya finis ke-12 atau 14, saya keluar dari persaingan gelar juara,” beber Pedrosa, mengutip dari Autosport, Rabu (14/2/2018).

“Musim dingin ini kami telah mencoba membiasakan diri dengan kondisi yang sulit itu. Anda tidak akan pernah memiliki motor MotoGP untuk latihan, atau perasaan yang sama seperti yang motor itu berikan kepada Anda, namun setidaknya Anda mencoba untuk menemukan solusi,” tandas Pedrosa.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini