nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rossi Beberkan Alasan Menolak Ajakan Ferrari Berlaga di F1

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 02:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 14 38 1844826 rossi-beberkan-alasan-menolak-ajakan-ferrari-berlaga-di-f1-Lih3Ag5TgP.jpg Valentino Rossi (Foto: AFP)

LESMO – Tak ada yang menyangkal bahwa pembalap MotoGP kepunyaan Movistar Yamaha, Valentino Rossi, merupakan salah satu pembalap paling fenomenal yang pernah ada. Pasalnya, Rossi tak hanya mampu tampil gemilang di kendaraan roda dua, namun juga sukses melaju cepat di kendaraan roda empat.

Pada tahun 2006, pada suatu ketika Rossi pernah menjajal kemampuannya mengemudi mobil balap Formula One (F1) kepunyaan Tim Ferrari. Kala itu, Rossi beradu cepat dengan pembalap andalan Ferrari, Michael Schumacher. Meski pada adu balap tersebut, Rossi menelan kekalahan, namun selisih waktunya dengan Schumacher hanya terpaut satu detik saja.

(Baca juga: Perjuangan Rossi Raih Gelar Ketujuh di MotoGP 2005)

Tak ayal, hal tersebut pun mengagetkan banyak pihak, utama untuk tim balap Ferrari. Tanpa tedeng aling-aling, tim pabrikan asal Italia itu pun menawari Rossi untuk bergabung dengan tim mereka. Terlebih lagi, Rossi juga berasal dari Italia dan merupakan pengagum berat mobil-mobil keluaran Ferrari.

Rossi pun sempat terbersit dalam pikirannya untuk menjajal dunia balap F1. Apalagi, pembalap berjuluk The Doctor itu mengaku penasaran apakah dirinya mampu tampil gemilang di F1, seperti yang telah ia lakukan di MotoGP dengan menjadi juara dunia selama lima musim beruntut.

Namun begitu, pada akhirnya sang Italiano lebih memilih untuk mempertahankan kariernya di MotoGP. Pasalnya, Rossi merasa dirinya masih sangat menikmati berkompetisi di kejuaraan MotoGP, dan memiliki passion yang besar terhadap olahraga motor tersebut.

“Saya memikirkannya (tawaran Ferrari). Ferrari menginginkan saya. Itu dunia (balap) yang lain, namun saya tampil cepat. Terdapat kemungkinan untuk pindah ke F1. Saya tidak tahu apakah akan melakukannya dengan baik atau tidak, tapi pada akhirnya saya menikmati hidup saya dan masih memiliki passion di sepeda motor,” beber Rossi pada 2008, menyadur dari Crash, Senin (15/1/2018).

Setelah Rossi melakukan penolakan tersebut pada 2006, Ferrari sebenarnya masih memiliki niatan untuk bisa mendapatkan The Doctor ke dalam tim mereka. Kepala Tim Ferrari kala itu, Stefano Dominecalli, menjelaskan bahwa timnya tetap menggoda Rossi untuk hengkang ke F1 pada 2008. Namun, seperti yang diketahui semua orang, hingga saat ini Rossi masih berlaga di MotoGP.

“Kami memiliki hubungan yang hebat dengan Valentino. Dan kami jelas memberinya kesempatan untuk menjadi bagian dari grup kami lagi. Meskipun saya kira dia sudah memutuskan jalan untuk masa depannya,”  jelas Dominecalli pada 2008.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini