Gagal Raih Podium di Brno, Rossi Salahkan Keputusan Tim

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 08 38 1751617 gagal-raih-podium-di-brno-rossi-salahkan-keputusan-tim-2bm4UG5Gjw.jpg Pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

BRNO – Pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, gagal meraih podium saat tampil di Sirkuit Brno, Republik Ceko, Minggu 6 Agustus 2017. Ia finis di urutan keempat pada seri ke-10 MotoGP 2017 tersebut.

Padahal, Rossi memulai balapan di Brno dari tempat kedua. Namun, pembalap berjuluk The Doctor itu kalah bersaing dari rekan setimnya, Maverick Vinales yang menempati posisi ketiga.

BACA JUGA: Sportpedia: Definisi Balapan Flag-to-flag di MotoGP

Rossi pun menyesali keputusan tim yang tidak mengizinkan dirinya untuk memasuki pit stop bersamaan dengan Vinales maupun Marc Marquez (Repsol Honda). Ia mengaku kehilangan waktu selama 10 detik saat memilih untuk meneruskan balapan satu lap.

Kondisi cuaca di Brno sempat diguyur hujan sehingga lintasan menjadi basah. Hal itu membuat sejumlah pembalap mengganti motornya dengan masuki pit. Grand Prix (GP) Republik Ceko 2017 pun menjadi balapan flag-to-flag yang berlangsung sengit.

Rossi mengatakan, peluang dirinya naik podium di Brno menjadi lebih besar jika dirinya memasuki pit secara bersamaan dengan Marquez dan Vinales. Meski demikian, pembalap berkebangsaan Italia itu tetap menjaga persaingan MotoGP 2017 di posisi keempat klasemen sementara dengan raihan 132 poin.

BACA JUGA: Komentari Race GP Ceko, Meregalli: Cuaca di Sirkuit Pegang Peran Penting dalam Balapan

“Saya tidak tahu mengapa mereka (tim) menunggu terlalu lama untuk memberikan saya sinyal untuk masuk pit dan kemudian saya meneruskan balapan satu lap lagi. Satu lap itu membuat saya kehilangan waktu 10 detik. Jika saya masuk pit setelah Marquez dan Vinales, apakah saya berpeluang naik podium?,” ujar Rossi, seperti dilansir Sportfair, Selasa (8/8/2017).

Peta persaingan MotoGP 2017 akan berlanjut di seri ke-11 yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Austria pada Minggu 13 Agustus 2017 malam WIB. Para pembalap dan tim akan melanjutkan perjuangan mereka pada akhir pekan ini.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini