Image

Bawa Srikanth Juarai Indonesia Open 2017, Mulyo Handoyo: Bulu Tangkis di India Sedang Berkembang

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Senin 19 Juni 2017, 22:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 19 40 1720173 bawa-srikanth-juarai-indonesia-open-2017-mulyo-handoyo-bulu-tangkis-di-india-sedang-berkembang-t28nEYL9CK.jpg Pelatih tunggal putra India, Mulyo Handoyo (Foto: Okezone / Deden Rochman Saputro)

JAKARTA – Tunggal putra asal India, Srikanth Kidambi, meraih gelar perdananya tahun ini dengan menjuarai Indonesia Open Superseries Premier 2017. Di final, Srikanth tidak mengalami kesulitan berarti untuk mengalahkan wakil Jepang, Kazumasa Sakai, dalam dua set langsung dengan skor 21-11 dan 21-19.

Kemenangan itu juga menjadikan Srikanth sebagai tunggal putra pertama India yang meraih gelar Indonesia Open. Sebelumnya, tunggal putri India, Saina Nehwal, juga sukses menjuarai Indonesia Open pada 2009, 2010, dan 2012.

Selain Nehwal, terdapat nama tunggal putri India lainnya yang memiliki prestasi gemilang yakni Pusarla V Sindhu yang meraih medali perak Olimpiade Rio 2016. Namun, langkah Sindhu terhenti di babak 16 besar Indonesia Open 2017.

Menanggapi prestasi Srikanth, pelatih tunggal putra India, Mulyo Handoyo, mengatakan bulu tangkis di India sedang berkembang. Ia menilai antuasiasme masyarakat di India juga tinggi terlebih ada beberapa prestasi gemilang yang ditorehkan para pemainnya.

“Memang di Indonesia kan boleh dikatakan sebagai negara bulu tangkis. Berbeda halnya dengan India di mana bulu tangkis baru terkenal sehingga antusiasme mereka sangat tinggi, apalagi dengan adanya gelar juara ini (Indonesia Open) akan sangat positif bagi masyarakat di sana,” kata Mulyo, Senin (19/6/2017).

Mulyo pun enggan terlalu jauh untuk membandingkan tunggal putra India dengan Indonesia. Namun, ia menyebut prestasi tunggal putra Indonesia saat ini belum menonjol.

“Saya katakan, secara umum perkembangan tunggal putra Indonesia belum terlalu menonjol. Soal bakat dan kemampuan pemain sama saja di Indonesia juga banyak pemain berbakat,” pungkasnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini