Image

Sirkuit Baku, Lintasan Jalan Raya di Tengah Kota Kuno

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Kamis 15 Juni 2017, 10:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 15 37 1716535 sirkuit-baku-lintasan-jalan-raya-di-tengah-kota-kuno-mghAdrro0Z.jpg Sirkuit Baku di Azerbaijan jadi salah satu agenda Formula One (F1) sejak 2016 (Foto: AFP / Kirill Kudryavtsev)

SIRKUIT Baku menjadi salah satu agenda balapan Formula One (F1) sejak musim 2016. Sirkuit yang terletak di Kota Baku, ibu kota Azerbaijan, memiliki panjang 6,006 kilometer dengan 20 tikungan.

Lintasan tersebut didesain oleh arsitektur asal Jerman, Hermann Tilke, yang sukses merancang 11 lintasan di ajang balap F1. Kendati di dalam kota, lintasan yang tersedia dipastikan menjadi arena menarik karena memiliki trek lurus nan panjang serta dinding pembatas yang sempit layaknya Grand Prix (GP) Monako.

Selain memiliki tantangan, lintasan Sirkuit Baku terlihat unik karena para pembalap akan melewati beberapa bangunan bersejarah seperti Azadliq Square, Gedung Parlemen Azerbaijan, Menara Maiden, dan wilayah kota tua. Bahkan para pembalap juga menelusuri pesisir pantai Laut Kaspia hingga Danau terluas di dunia tersebut menjadi pemandangan tersendiri.

Sirkuit Baku memang terlihat berbeda dibandingkan dengan 20 lintasan lainnya di ajang F1. Hal itu telihat dari panorama yang diperlihatkan, juga memiliki tipe lintasan yang terdiri dari trek lurus dan tikungan sempit.

Namun, para pembalap F1 mengeluhkan luas lintasan yang terbilang terlalu sempit dan berbatasan langsung dengan bangunan kuno yang bisa membahayakan saat mobil berbenturan. Meski demikian, pihak F1 tetap memastikan balapan tetap digelar di Baku dengan sistem pengamanan khusus.

Tantangan sirkuit ini adalah tanjakan curam di dekat balai kota tua dan trek lurus sepanjang 2,2 km yang bisa membuat para pebalap memacu mobil hingga kecepatan maksimal sekitar 340 km/jam. Diperhitungkan rata-rata kecepatan per lap adalah 211 km/jam. Catatan itu lebih tinggi dari rata-rata kecepatan di dua sirkuit jalan raya lainnya, seperti Marina Bay di Singapura (177,303 km/jam) dan Monte Carlo, Monako (163,521 km/jam).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini