Image

Snowboarding, Olahraga Ekstrem yang Mulai Banyak Diminati

Nanda Karlita, Jurnalis · Rabu 03 Mei 2017, 15:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 03 43 1682144 snowboarding-olahraga-ekstrem-yang-mulai-banyak-diminati-yOe5nHmn3W.jpg Snowboarding (Foto: AFP)

KEGIATAN olahraga memang banyak bentuknya. Salah satunya berselancar di atas salju dengan menggunakan papan layaknya skateboard di jalanan. Olahraga ekstrem itu disebut dengan snowboarding.

Awalnya olahraga ini dikembangkan di Amerika Serikat sekitar 1960-an dan mulai populer pada 2006. Bahkan snowboarding masuk pertama kali dalam cabang olaharaga yang diperlombakan di Olimpiade musim dingin pada 1988 yang diadakan di Nagano, Jepang.

Sejak saat itulah, snowboarding ditetapkan menjadi salah satu olahraga yang diperlombakan di ajang olahraga empat tahunan tersebut. Lalu pada 2014, snowboarding resmi masuk ke dalam olahraga yang diperlombakan di ajang Winter Paralympics pada 2014 di Sochi, Rusia.

Bahkan saat ini sudah banyak para atlet yang terkenal lewat gayanya berselancar di atas papan di daerah bersalju tersebut. Sebut saja Vic Wild (Rusia) dan Zan Kosir (Slovenia) dari kategori putra serta Kaitlyn Farrington (Amerika Serikat) di kategori putri.

Sementara itu, ada beberapa tempat yang menjadi surga bagi para peselancar papan salju tersebut. Gunung es di Benua Amerika masih menjadi pilihannya seperti di Whistler Blackcomb di Kanada yang menjadi pilihan utama pada snowboarder.

Bahkan gunung es di Kanada itu selalu menjadi salah satu tempat para atlet snowboarding untuk melakukan latihan. Selain tim Olimpiade Kanada, tim dari Amerika Serikat juga tercatat pernah beberapa kali latihan di Whistler Blackcomb.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini