Image

Venue Olimpiade Terbengkalai, Arsitek Sesali Perawatan yang Buruk dari Pemerintah Brasil

Nanda Karlita, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 05:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 17 43 1620673 venue-olimpiade-terbengkalai-arsitek-sesali-perawatan-yang-buruk-dari-pemerintah-brasil-mlQZzbnfDI.jpg Venue Olimpide Rio 2016 mulai terbengkalai (Foto: Reuters)

TERBENGKALAINYA tempat perhelatan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro menjadi perbincangan hangat di dunia olahraga. Bagaimana tidak, setelah enam bulan berlalu, gelanggang olahraga yang digunakan dan menghabiskan dana 5,1 miliar poundsterling atau sekira Rp84 triliun dibiarkan rusak.

Bahkan, keadaan Stadion Maracana yang menjadi tempat penutupan ajang olahraga empat tahunan tersebut sudah sangat memprihatinkan. Beberapa kaca jendela dilaporkan pecah, cacing yang dibiarkan merusak lapangan, dan 10% dari 78.000 bangku penonton terlihat robek.

Lebih buruknya lagi, Stadion Maracana sempat dijarah oleh orang tak dikenal. Mereka mengambil beberapa fasilitas yang terdapat di stadion seperti beberapa alat kebakaran, selang, dan televisi. Bahkan, aliran listrik ke stadion tersebut tersebut juga resmi diputus pada akhir Januari 2017.

Melihat hal tersebut, Gil Hanse selaku arsitek yang ditunjuk untuk memperbaiki stadion tersebut mengaku cukup kecewa. Sebab, pemerintah Brasil tidak menjaga baik-baik salah satu benda bersejarah yang ada di Negara tersebut.

“Kami sangat kecewa. Kami menyaksikan apa yang telah terjadi saat ini. Kami berharap ini bisa menjadi contoh buruk bagi Negara lainnya dalam pengelolaan tempat olahraga,” ungkap Hanse, mengutip dari The Guardian, Jumat (17/2/2017).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini