nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jump Start, Rider Ducati Beruntung Tak Kena Penalti

Zanel Farha Wilda, Jurnalis · Kamis 04 Juni 2015 20:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 06 04 38 1160236 jump-start-rider-ducati-beruntung-tak-kena-penalti-0nPCEf41LT.jpg Iannone beruntung tak kena penalti (Foto: AFP)

MUGELLO – Direktur Balap MotoGP, Mike Webb, tidak terlalu kagum melihat penampilan Andrea Iannone saat berlaga di Grand Prix (GP) Italia, akhir pekan lalu. Ia mengungkapkan rider Ducati itu beruntung tidak dikenakan penalti akibat jump start yang dilakukannya.

Untuk pertama kalinya, Iannone berada dalam pole position saat memulai balapan di Sirkuit Mugello. Tidak hanya memulai dengan posisi yang baik, pembalap 25 tahun itu juga mengakhiri balapan yang tak kalah baik yakni di posisi dua, mengasapi pilar Movistar Yamaha, Valentino Rossi.

Meski demikian, Webb menilai apa yang terjadi pada Iannone hari itu sangat berbau keberuntungan. Pasalnya, ia melihat jelas Iannone melakukan jump start, sesaat sebelum lampu start benar-benar padam.

“Saya harus katakan dia sangat beruntung. Kami melihat rekaman selama berulang kali, karena itu terlihat seperti suatu jump start,” ungkap Webb, seperti yang diberitakan Motorsport.com, Kamis (4/6/2015).

Meski demikian, Webb menyatakan tidak bisa memberikan hukuman penalti pada mantan pembalap Pramac Racing itu karena tidak ada bukti yang jelas. Potongan-potongan rekaman kamera tidak mampu membuktikan adanya jump start yang dilakukan.

Webb mengungkapkan, dalam satu frame ketika lampu masih merah, Iannone terlihat masih berada dalam posisinya. Dan pada frame berikutnya saat ia sudah berjalan, lampu sudah padam. Tak ada bukti gambar kamera yang memperlihatkan pembalap Italia itu menjalankan motornya saat lampu masih menyala.

“Ketika dia mulai berjalan, lampu memang sudah padam. Namun, sebenarnya itu belum sepenuhnya padam. Dia tidak bisa dihukum karena hal seperti itu. Itu adalah keberuntungannya,” urai Webb.

(fap)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini